FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 11-2023

    748

    Menhan Prabowo Melakukan Pertemuan Bilateral dengan Menhan Amerika Serikat

    Kategori Artikel GPR | anni006

    Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan bilateral meeting dengan The US Secretary of Defense Lloyd James Austin III, di Plataran Hutan Kota, Senayan, Kamis (16/11).

    Diawal pertemuan Menhan Prabowo menyambut hangat dan ucapan terima kasih kepada Yang Mulia Lloyd James Austin atas partisipasinya dalam Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN Plus (ADMM-Plus) 2023 serta mengapresiasi dukungan dan partisipasi Amerika Serikat dalam ADMM-Plus 2023.

    Membangun kerja sama pertahanan yang bersifat multilateral, Menhan Prabowo menganggap Amerika Serikat sebagai mitra strategis dan menyampaikan apresiasi tertinggi atas dukungan dan keterlibatan yang telah diberikan oleh AS di wilayah ini, terutama dalam kerangka ADMM dan ADMM-Plus.

    Menhan menyampaikan terima kasih atas antusiasme AS menjadi co-chair ADMM-Plus EWG on Military Medicine (MM) bersama Indonesia untuk siklus 2024–2027 serta kontribusinya terhadap pengesahan draft Pernyataan Bersama oleh ADMM-Plus tentang WPS untuk diadopsi pada ADMM-Plus ke-10 sebagai salah satu pencapaian utama di bawah kepemimpinan Indonesia dalam ADMM 2023.

    Indonesia menghargai keterlibatan AS dalam ADMM-Plus EWG on MM sebagai komitmen nyata dalam meningkatkan kerjasama dan kolaborasi guna meningkatkan kapasitas perawatan kesehatan personel medis militer di antara negara-negara ADMM-Plus dan Menhan Prabowo optimis kerja sama antara Indonesia dan AS selama masa kepengurusan bersama ADMM-Plus EWG on MM akan berkontribusi pada kepentingan kemanusiaan dan ketangguhan regional serta kontribusi pengesahan.

    Setelah acara pertemuan tersebut dilakukan penandatanganan pengaturan kerja sama pertahanan (Defence Cooperation Arrangement / DCA) antara Indonesia dan Amerika Serikat oleh Menhan Prabowo dan Secdef Austin. Penandatanganan DCA ini untuk memperbarui dokumen perjanjian kerja sama bidang pertahanan antara kedua negara sebelumnya. Ruang lingkup kerja sama pertahanan yang disepakati untuk dikembangkan antara lain forum dialog, pendidikan dan latihan, pertukaran kunjungan pejabat militer dan pertahanan, pembangunan kapasitas serta bidang lain yang disepakati bersama.

    Turut hadir mendampingi Menhan Prabowo sejumlah pejabat Kemhan diantaranya Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Erwawan Taufanto, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen Bambang Trisnohadi, Kabainstrahan Mayjen TNI Yudi Abrimantyo dan Kabaranahan Kemhan Marsda TNI Yusuf Jauhari.

    Berita Terkait

    Sub PIN Polio Dilaksanakan Serentak di 3 Wilayah Mulai 15 Januari 2024

    Selengkapnya

    Peringatan Hari Ibu, Momentum Pengakuan Eksistensi Perempuan dalam Pembangunan

    Selengkapnya

    Menhan Prabowo Gelar Pertemuan Bilateral dengan Rusia Bahas Kerja Sama Pertahanan

    Selengkapnya

    Menhan Prabowo Pimpin Pertemuan Informal Menhan ASEAN dengan Menhan AS

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA