FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 11-2023

    589

    Menhan Prabowo Gelar Pertemuan Bilateral dengan Rusia Bahas Kerja Sama Pertahanan

    Kategori Artikel GPR | anni006

    Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Deputy Minister of Defence of The Russian Federation Colonel General Aleksandr Fomin, di Plataran Hutan Kota, Senayan, Kamis (16/11). Pertemuan pejabat pertahanan kedua negara ini berlangsung di sela – sela rangkaian pertemuan The 10th ASEAN Defence Ministers’ Meeting Plus (The 10th ADMM Plus) 2023 di Jakarta.

    Dalam pertemuan tersebut Menhan Prabowo secara langsung menyampaikan apresiasi atas kehadiran dan dukungan Rusia dalam kegiatan ADMM-Plus 2023 di Jakarta. Keterlibatan Rusia dalam kerangka ADMM-Plus menjadikan negara tersebut sebagai salah satu mitra penting bagi Indonesia, khususnya dalam membangun kerja sama pertahanan, baik secara bilateral maupun multilateral.

    “Indonesia menyampaikan terima kasih kepada Federasi Rusia yang terus membangun kerja sama pertahanannya dengan Indonesia. Rusia selalu dianggap sebagai mitra penting bagi Indonesia. Faktanya, kerja sama pertahanan antara kedua negara, baik multilateral maupun bilateral, telah terjalin dengan baik selama bertahun-tahun”, kata Menhan Prabowo dalam pertemuan dengan mitranya dari Rusia tersebut.

    Menhan Prabowo juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kontribusi Rusia terhadap pengesahan rancangan draft Pernyataan Bersama oleh ADMM-Plus tentang Wanita, Perdamaian dan Keamanan (Women, Peace, and Security / WPS) untuk adopsi pada ADMM-Plus ke-10 sebagai salah satu deliverables Keketuaan Indonesia dalam ADMM 2023.

    Indonesia dan Rusia telah memiliki perjanjian kerja sama pertahanan yang secara resmi ditandatangani pada tanggal 18 Mei 2016 dan telah diratifikasi oleh dalam UU Nomor 7 tahun  2019.

    Turut hadir mendampingi Menhan Prabowo sejumlah pejabat Kemhan diantaranya Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen Bambang Trisnohadi, Kabainstrahan Mayjen TNI Yudi Abrimantyo dan Kabaranahan Kemhan Marsdya TNI Yusuf Jauhari.

    Berita Terkait

    Sebelum Closing Ceremony, World Water Forum ke-10 Bahas Dampak Perubahan Iklim pada Pertanian

    Selengkapnya

    Presiden RI Tekankan Tiga Hal pada Pertemuan Bilateral dengan Presiden Fiji

    Selengkapnya

    PM Tajikistan dan Presiden RI Perkuat Kerja Sama Tata Kelola Air

    Selengkapnya

    Menhan Prabowo Melakukan Pertemuan Bilateral dengan Menhan Amerika Serikat

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA