FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 10-2023

    1327

    Transformasi Digital dan Pemerataan Akses Internet Kunci Indonesia Maju 2045

    Kategori Berita Kominfo | adhi004

    Jakarta Pusat, Kominfo- Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan transformasi digital dan pemerataan akses internet merupakan dua hal yang saling berkaitan dan mendukung sebagai salah satu kunci keberhasilan mewujudkan visi Indonesia Maju 2045.

    “Hal ini penting karena internet merupakan infrastruktur penting dalam transformasi digital,” tegasnya dalam dalam Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Peluncuran Capaian Kinerja 2023, di Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

    Menurut Menteri Budi Arie, transformasi digital merupakan proses perubahan dari cara-cara konvensional ke cara-cara yang lebih digital. Proses ini mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari ekonomi, pemerintahan, hingga budaya. Lebih lanjut Menkominfo menyatakan Indonesia merupakan salah satu negara yang unik secara geografis. Tidak hanya karena luasnya wilayah yang membentang dari Sabang sampai Merauke, tetapi juga karena kontur geografisnya yang beragam.

    "Indonesia memiliki pegunungan, dataran rendah, dan pantai, serta berbagai pulau dengan ukuran dan kondisi yang berbeda-beda. Keunikan geografis Indonesia ini tentu menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur telekomunikasi.Sehingga teknologi yang digunakan tidak bisa satu teknologi saja, pilihannya beragam. Fiber optik di perkotaan, daerah luar dengan satelit,” tuturnya.

    Dalam konteks transformasi digital, Menteri Budi Arie menyatakan konektivitas memiliki peran yang sangat penting. Konektivitas yang cepat dan merata akan membuka peluang bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing.

    “Menurut penelitian Google, setiap sepuluh persen peningkatan kecepatan internet, mampu menyumbang satu persen GDP growth. Jadi betapa signifikannya peningkatan kecepatan internet ini sumbangsihnya bagi pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

    Menkominfo mengakui bahwa Indonesia masih perlu mengejar negara-negara lain. Kecepatan internet rata-rata di Indonesia masih di angka 22 Mbps, sedangkan di negara-negara maju bisa mencapai 100 Mbps atau lebih.

    "Untuk mewujudkan visi Indonesia Maju 2045, Ia melanjutkan, kita perlu melakukan akselerasi konektivitas. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kapasitas, coverage, dan kualitas infrastruktur telekomunikasi. Kita telah meluncurkan satelit Satria-1, yang tahun depan sudah mulai beroperasi,” jelasnya.

    Selain konektivitas, Menteri Budi Arie menjelaskan transformasi digital mencakup empat pilar utama, yaitu infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital. Empat pilar ini harus berjalan secara sinergis agar transformasi digital di Indonesia dapat berjalan dengan lancar.

    Meski demikian, transformasi digital ini diprediksi dapat menimbulkan konsekuensi tersendiri, yaitu perubahan perilaku dan budaya masyarakat. Menurutnya, masyarakat harus dibekali dengan literasi digital agar dapat menggunakan ruang digital secara bijak, ramah, sejuk, dan bersahabat.

    “Jangan sampai kita bergaul offline sopan, di online tidak karuan. Ini pekerjaan kita untuk meningkatkan literasi,” tandasnya.

    Menkominfo Budi Arie optimistis bahwa Indonesia dapat mengatasi tantangan konektivitas dan mewujudkan cita-cita menjadi negara maju. Dengan semangat dan momentum yang tepat, Indonesia akan menjadi salah satu negara ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Lanjutkan Program Prioritas Nasional, Kominfo Percepat Pemerataan Akses Internet

    Kementerian Kominfo capaian penyelesaian pembangunan BTS 4G berdasarkan data per 16 Juli 2023 sudah beroperasi 4.343 titik termasuk adanya Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    Menkominfo: BAKTI Kawal Transformasi Digital Nasional

    Pemerintah juga berupaya melakukan peningkatan kecakapan digital masyarakat untuk pemanfaatan ruang digital dan teknologi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA