FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 10-2023

    1962

    Awas Disinformasi! KPU Terbitkan Rancangan Surat Suara Capres-Cawapres 2024

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar gambar surat suara berlogo Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan isi foto pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilu 2024.

    Konon, dalam gambar surat suara yang beredar sejak 18 Oktober 2023 itu, terdapat nama Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Mahfud MD bernomor 01, Prabowo Subianto dengan Erick Thohir bernomor 02, dan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bernomor 03.

    Hasil penelusuran TIM AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari liputan6.com, ternyata informasi dan gambar itu keliru. Komisioner Komisi Pemilihan Umum August Mellaz membantah gambar tersebut dikeluarkan lembaganya.

    August menegaskan sampai detik ini belum ada pencetakan surat suara, sebab masa pendaftaran pasangan capres-cawapres berlangsung pada 19 s.d. 25 Oktober 2023. Adapun penentuan nomor urut baru akan berlangsung usai pasangan capres dan cawapres terbentuk. Artinya, usai tanggal 25 Oktober 2023. Sejauh ini baru ada 2 pasangan yang mendaftar untuk maju dalam Pemilu Serentak 2024.

    Berikut laporan harian isu hoaks, dan disinformasi yang telah didentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo,  Jumat (20/10/2023):

    1. [HOAKS] Undangan Tes Seleksi Rekrutmen Karyawan Mengatasnamakan Perum BULOG
    2. [DISINFORMASI] Presiden Jokowi Lantik Anies Baswedan Menjadi Ketua KPK
    3. [DISINFORMASI] Luhut Binsar Pandjaitan Mengundurkan Diri dari Jabatannya
    4. [DISINFORMASI] KPU Sudah Terbitkan Draf Surat Suara Capres-Cawapres 2024

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Berganti

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dalam unggahan video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Hasil Perolehan Sementara Pilpres 2024 Dapil Luar Negeri

    Hasyim Asyari menegaskan pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal, namun penghitungan suara di luar negeri dilakukan bers Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Informasi Tenggat Penguruan STR Seumur Hidup

    Klaim terkait pengurusan STR Seumur Hidup bagi named dan nakes sebelum tanggal 1 Februari 2024 adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA