FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 10-2023

    638

    Jelang KTT AIS Forum 2023, Kominfo Luncurkan AISPedia

    Kategori Berita Kominfo | Erbi

    Jakarta Pusat, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan AISPedia yang berisi informasi dan konten dari gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States Forum (AIS Forum). KTT itu akan berlangsung di Nusa Dua, Badung Bali pada tanggal 10 s.d. 12 Oktober 2023. Buku elektronik ini dapat diakses pada tautan https://s.id/aispedia.

    “KTT AIS Forum 2023 juga harus kita gaungkan secara luas agar masyarakat tahu Indonesia saat ini menjadi inisiator negara-negara pulau dan kepulauan bertemu dan membahas berbagai isu penting. Untuk memperkuat penyebarluasan informasi dan apa manfaatnya bagi bangsa dan masyarakat, maka kami hadirkan AISPedia ini,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong, di Jakarta Pusat, Senin (02/10/2023).

    Menurut Dirjen Usman Kansong, AISPedia merupakan kelanjutan kerja-kerja komunikasi publik yang menjadi tanggung jawab Kementerian Kominfo, seperti ketika meluncurkan G20Pedia dan ASEANPedia dalam rangka keketuaan Indonesia di forum G20 tahun 2022 dan ASEAN  pada 2023.

    Sedikit berbeda dengan event internasional sebelumnya, dalam KTT AIS Forum 2023, Indonesia berperan sebagai inisiator pertemuan negara-negara partisipan AIS Forum untuk membahas isu-isu kelautan global.

    “Namun yang tidak kalah penting buku elektronik ini harus menjadi pemicu masyarakat terlibat dan mengambil peran dalam setiap gelaran forum internasional dimana Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah. Minimal memberikan dukungan sikapnya sehingga gelaran berlangsung sukses dan membanggakan,“ katanya.

    Lebih lanjut Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengatakan, AISPedia menjaga tradisi Kominfo untuk menghadirkan informasi, data, dan konten-konten lainnya secara lengkap, cepat, kredibel, dan terkini.

    AISPedia juga menjadi dokumen hidup informasi dan data KTT AIS Forum 2023, karena terus diperbarui oleh Tim Komunikasi dan Media sesuai dinamika pelaksanaan agenda setiap kegiatannya dan disajikan dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

    “AISPedia berisikan konten berita, foto, Infografis, dan videografis berbagai hal, tidak hanya substansi pertemuan, namun juga sisi-sisi lain gelaran internasional negara-negara pulau dan kepulauan tersebut,” jelasnya.

    Dirjen Usman Kansong berharap AISPedia tidak hanya menjadi sumber informasi bagi masyarakat, melainkan juga turut menjadi rujukan bagi media massa dalam mencari informasi terkait rangkaian kegiatan KTT AIS Forum 2023. 

    “Informasi di dalam AISPedia ini akan terus di-update sesuai kebutuhan dan perkembangan,” tutup Dirjen IKP Kominfo.

    KTT AIS Forum akan akan mengusung tema "Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama". KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

    Berita Terkait

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    [Berita Foto] Rayakan Natal 2023, Menkominfo Gelar Open House

    Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir untuk bersilaturahmi dalam acara tersebut. Selengkapnya

    Beri Efek Jera, Kominfo Musnahkan Perangkat Hasil Penertiban

    Tindakan pemusnahan merupakan bagian dari upaya Kementerian Kominfo memberikan pemahaman yang seragam kepada pelaku usaha tentang arti penti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA