FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 09-2023

    1037

    Bahaya Vaksin Covid-19 pada Organ Jantung Manusia, Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar tangkapan layar pada media sosial “X” yang menyebutkan bahaya Vaksin Covid-19 pada organ jantung manusia. Konten itu disertai tautan jurnal ilmiah yang dipublikasikan Universitas Harvard.

    Hasil penelusuran TIM AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari nature.com, klaim yang menyebutkan bahaya Vaksin Covid-19 pada organ jantung manusia adalah tidak benar.

    Berdasarkan telaah jurnal pendukung yang dilampirkan, disampaikan bahwa penelitian tersebut tidak menyatakan bahwa vaksinasi sebagai penyebab penyakit jantung.  Selain itu, menurut dr. Vito Anggarino Damay, Sp.JP(K), dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, hubungan vaksinasi Covid-19 dan infark miokard atau kerusakan otot jantung dan serangan jantung saat ini belum terbukti secara kuat.

    Pada dasarnya, vaksin tetap diperlukan sebagai upaya perlindungan dari berbagai penyakit yang berbahaya, dengan kewaspadaan dan penelitian yang terus berlanjut bersamaan dengan pengendalian faktor risiko penyakit jantung lain.

    Berikut laporan harian isu hoaks, dan disinformasi yang telah didentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (30/09/2023):

    1. [DISINFORMASI] Prabowo bersama TNI Turun Tangan Bela Rakyat Pulau Rempang dan Usir Investor Cina
    2. [DISINFORMASI] Menko Polhukam Mahfud MD Mundur dari Kabinet Indonesia Maju
    3. [HOAKS] Rekrutmen KAI Service Meminta Foto Pelamar dengan Pakaian Dalam
    4. [DISINFORMASI] Bahaya Vaksin Covid-19 pada Organ Jantung Manusia

    Berita Terkait

    Baksos dan Santunan Anak Yatim, Ketua DWP Kominfo Ingatkan Soal Sedekah

    Ketua Panitia Baksos dan Santunan Anak Yatim DWP Kementerian Kominfo Ilma Nugrahani Ismail menyatakan kegiatan Bakti Sosial Santunan dan Baz Selengkapnya

    Peringatan Thailand Soal Vaksin Covid-19 Picu Kanker dan Tumor Otak? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar itu tidak benar. Selengkapnya

    Vaksin Covid-19 AstraZeneca Hanya untuk Usia 30 Tahun ke Atas? Itu Hoaks!

    Konon, konten itu disertai narasi "Wadoooh malah membanggakan AstraZeneca. Yg di Inggris sana , HANYA disuntikan di usia 30 th ke atas. Tapi Selengkapnya

    Awas Hoaks! Video Pemulangan Pengungsi Rohingya

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim narasi pada video tersebut keliru. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA