FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 09-2023

    795

    Hari Statistik Nasional 2023: Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju

    Kategori Artikel GPR | anni006

    Hari Statistik Nasional (HSN) diperingati setiap tanggal 26 September. HSN merupakan momentum yang tepat untuk semakin memupuk kesadaran akan pentingnya statistik dalam setiap sendi kehidupan. Hari Statistik Nasional bukanlah merupakan hari ulang tahun Badan Pusat Statistik. Namun, Hari Statistik Nasional merupakan milik seluruh bangsa. Bagi seluruh insan statistik di Indonesia, HSN juga momentum untuk terus menggelorakan semangat berkontribusi kepada bangsa dan negara melalui penyediaan dan pengembangan statistik.

     

    Sejarah Hari Statistik Nasional

    Sejarah HSN berawal pada Februari 1920, Pemerintahan Hindia Belanda membentuk Direktur Pertanian, Kerajinan, dan Perdagangan (Directeur Van Landbouw Nijverheld en Handel) di Bogor. Lembaga tersebut bertugas mengolah dan mempublikasikan data statistik. Pada September 1924, kegiatan statistik pindah ke Batavia, kemudian lembaga tersebut berganti nama menjadi Centraal Kantoor Voor De Statistiek (CKS).

    Tanggal 26 September 1960, Pemerintah mengesahkan UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik sebagai pengganti Statistiek Ordonnantie 1934. UU tersebut secara rinci mengatur penyelenggaraan statistik dan organisasi Biro Pusat Statistik. Pada Agustus 1996, Presiden RI menetapkan tanggal diundangkannya UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik sebagai ”Hari Statistik Nasional”. Tanggal tersebut dianggap sebagai titik kemerdekaan statistik dari aturan sistem perundang-undangan kolonial. Kemudian, Pemerintah RI menetapkan UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, sebagai pengganti UU Nomor 6 dan 7 Tahun 1960.

     

    Hari Statistik Nasional 2023

    Peringatan HSN 2023 mengusung tema “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju”.  Tema ini menggambarkan statistik berkualitas penting dalam menentukan arah pembangunan Indonesia, terutama dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

    Sebagai lembaga penyedia data di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) tentunya menjadikan Hari Statistik Nasional untuk memperkuat perannya sebagai penyedia statistik berkualitas sekaligus sebagai pembina data statistik. “Sebagai kantor statistik nasional, BPS bangga menjadi penyedia data statistik bagi masyarakat dan pemerintah, serta berkomitmen untuk terus meningkatkan peran dan kontribusinya bagi perstatistikan di tanah air. Sebagai decision support pemerintah, BPS berupaya untuk terus menghasilkan data yang semakin berkualitas, beragam, dan bermanfaat, sejalan dengan prioritas pembangunan nasional, terutama dalam menuju Visi Indonesia Emas 2045,” ujar Pelaksana Tugas Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti.

    Sejalan dengan hal itu, Amalia juga menyampaikan bahwa sebagai pembina data statistik, BPS akan terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sebagai dirigen tata kelola data statistik sehingga Statistik Resmi Negara yang dihasilkan baik oleh BPS maupun kementerian/lembaga dan pemerintah daerah terus ditingkatkan kualitas dan keterpaduannya.

    Selamat Hari Statistik Nasional 2023, Mari bergandeng tangan, bahu membahu kita wujudkan statistik berkualitas untuk Indonesia maju.

    Berita Terkait

    Momentum Hari Pendidikan Nasional, Pentingnya Edukasi Air Bagi Generasi Muda

    Selengkapnya

    InaRI Expo 2023: Dari Riset dan Inovasi untuk Indonesia yang Lebih Baik

    Selengkapnya

    Menko Luhut Resmikan Program Bangga Berwisata di Indonesia

    Selengkapnya

    Kolaborasi G20 Sangat Dibutuhkan untuk Selamatkan Dunia

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA