FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 09-2023

    869

    InaRI Expo 2023: Dari Riset dan Inovasi untuk Indonesia yang Lebih Baik

    Kategori Artikel GPR | anni006

    Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kembali menggelar Indonesia Reseach and Innovation Expo (InaRI Expo2023. Tahun ini, InaRI Expo menjadi istimewa karena mengintegrasikan event Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023 yakni pameran khusus kedaraan listrik yang selama ini digelar secara terpisah. Pelaksanaan InaRI Expo dimulai 20 - 23 September 2023 di Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno, Cibinong, Jawa Barat.

     

    Cibinong, Bogor, 19 September 2023, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tahun ini kembali menggelar event pameran dan riset terbesar di Indonesia atau yang dikenal dengan Indonesia Research and Innovation Expo(InaRI Expo 2023). Digelar di ICC Building, KST Soekarno yang berada di Cibinong, Jawa Barat, InaRI Expo yang diselenggarakan kedua kalinya ini mengambil tema "Research and Innovation for Better Future"

    Tentunya event akbar yang diinisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan menjadi bechmark dari pencapaian hasil riset dan inovasi dari anak bangsa. Tentunya Inari Expo 2023 tak hanya berkutat pada hasil riset dan inovasi yang dihasilkan oleh BRIN, tetapi juga mengikutsertakan lembaga/kementerian, BUMN, BUMD, industri atau swasta, dan perguruan tinggi.

    InaRI Expo sebagai brand dari event Riset dan Inovasi Terbesar di Indonesia ini juga akan mengintegrasikan sejumlah event besar lainnya, seperti Indonesia Electric Motor Show (IEMS) yang akan digelar untuk keempat kalinya. IEMS sendiri merupakan pionir pameran kendaraan listrik di Indonesia. IEMS ini juga akan memamerkan kecanggihan dan teknologi dari kendaraan listrik (mobil dan motor).

    Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Laksana Tri Handoko mengungkapan bahwa InaRI Expo ini tak hanya diperuntukkan bagi pelaku riset, inovasi, dan teknologi. Tapi juga terbuka bagi perguruan tinggi bahkan juga industri swasta.

    "InaRI Expo tak hanya menjadi benchmark dari pencapaian hasil riset dan inovasi karya anak bangsa, tapi InaRI ini juga diharapkan  menjadi etalase dari kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia," kata Handoko.

    Lebih lanjut, Handoko mengatakan bahwa terkait tema yang diusung, yaitu "Research and Innovation for Better Future", pihaknya memang ikut memberikan perhatian lebih terhadap masa depan Indonesia melalui riset dan inovasi. "Riset dan inovasi memiliki peranan penting dalam menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik," katanya.

    Handoko menambahkan, ada yang istimewa dalam gelaran InaRI Expo 2023. "Untuk tahun ini, kami mengintegarsikan IEMS 2023 dan menjadi bagian dari salah satu event besar yang digelar BRIN, yaitu InaRI Expo 2023," lanjut Handoko.

    "InaRI Expo 2023 akan diintegrasikan dengan sejumlah event besar, seperti Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023, Indonesia Research and Innovation Fair (IRIF), dan Halal Tech Expo 2023. semangat kolaborasi ini diharapkan akan dapat memacu dan mendorong pertumbuhan Indonesia melalui pemanfaatan inovasi dan teknologi pada berbagai sektor pembangunan," jelas Handoko.

    Event InaRI Expo 2023

    Sementara itu Project Manager Murtila Promosindo Damar Rusli mengatakan bahwa pihaknya selaku promotor InaRI Expo 2023 akan terus berupaya mendukung pencapaian riset dan inovasi di Indonesia melalu jalur penyelenggaraan event, diseminasi, serta penyampaian informasi kepada publik.

    "Alhamdulillah InaRI Expo 2023 ini diikuti oleh 121 peserta pameran, dimana pesertanya beragam mulai dari lembaga riset dan inovasi, perguruan tinggi, industri otomotif, perusahaan penyedia jaringan dan telekomunikasi, perusahaan energi, perusahaan laboratorium, perusahaan pembiayaan, dan sebagainya," kata Damar.

    Sejalan dengan inovasi yang dilakukan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) dalam melaksanakan Indonesia Research and Innovation (InaRI) Expo 2023, pada kesempatan pameran ini juga akan digelar sejumlah  event lainnya seperti: Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023, Indonesia Research Innovation Fair (IRIF), Halal Tech Expo 2022, Start Up Program PPBR BRIN (Program Pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Riset), Indonesia Innovator Award yang merupakan penghargaan dari BRIN dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) guna mendorong para inovator untuk meningkatkan karyanya, APRSAF-29 (Forum Regional Space Agency), dan ada juga sesi business gathering.

    Integrasi IEMS 2023

    IEMS merupakan ajang pameran khusus kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) menjadi salah satu pelopor dalam akselerasi penggunaan kendaraan bermotor listrik di Indonesia. Pertama kali digelar pada 2019, IEMS dihelat di Balai Kartini Jakarta, dilanjutkan dengan IEMS 2021 di BRIN Serpong, dan IEMS 2022 di JCC, telah sukses sukses menghadirkan berbagai inovasi dan teknologi kendaraan listrik atau electric vehicle di Indonesia.

    Irwan Rahman, Ketua Pelaksana IEMS 2023, mengatakan, tahun 2023, IEMS kembali hadir dan siap menggoda para pecinta otomotif nasional dengan mengusung tema "Advance Technology Energy Storage for Electric Vehicle", akan menjadi bagian dari gelaran InaRI Expo 2023 pada tanggal 20-23 September 2023 di ICC Building BRIN, Kawasan Sains Teknologi (KST) Soekarno, Cibinong, Bogor.

    "IEMS 2023 merupakan bentuk dukungan bersama dari BRIN, perusahaan, pemangku kepentingan, serta produsen kendaraan listrikdan komponennya untuk mendorong perkembangan dan inovasi tentang kendaraan listrik di Indonesia. Pelaksanaan IEMS 2023 akan menggelar berbagai kegiatan diantaranya exhibition, seminar, product presentation, test drive dan test ride kendaraan listrik," jelas Irwan.

    Dia melanjutkan, IEMS 2023 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama stakeholders sekaligus appresiasi kepada produsen kendaraan listrik, serta perusahaan komponen pendukung atas sinergi dan kolaborasinya bersama BRIN selama ini. "Kegiatan ini juga akan menjadi wadah bagi para pelaku industri kendaraan listrik dan komponennya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang inovasi dan teknologi kendaraan listrik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan negara," imbuh Irwan.

    Sebagai informasi, IEMS 2023 sejumlah merek otomotif dan bisnis pendukungnya ambil bagian dalam event ini, yaitu PT. Dharna Polimetal Tbk, PT. Astra Honda Motor (AHM), FIF Group, PT. SGMW Sales Indonesia (Wuling Motors), Koneversi Kendaraan Listrik (Paviliun Kementerian ESDM), PT. Honda Prospect Motor, PT. Mandiri Tunas Finance, PT. Yifang Kargo Mutiara Elektronik, PT. Semesta Motor Indonesia, PT. Volex Indonesia, PT. Mitra Metal Perkasa, Selis, Kosmik, Elektrik Rakyat Indonesia (ERI), dan Alva Motor.

     

    Berita Terkait

    Agenda World Water Forum ke-10 Hari Kelima, Hadirkan Proses Politik untuk Otoritas Wilayah Sungai

    Selengkapnya

    Uni Eropa Apresiasi Kepedulian Indonesia terhadap Peta Jalan Air

    Selengkapnya

    Bersama Majukan Pemuda Untuk Indonesia Emas 2045

    Diperlukan kolaborasi semua komponen dan elemen pemuda baik di Kementerian dan Lembaga untuk bisa mewujudkan pemuda yang berkualitas, Tanggu Selengkapnya

    Proses Tematik The 2nd SCM Sepakati Rumusan Tata Kelola Air untuk Manusia dan Alam

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA