FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 06-2015

    5438

    Wujudkan Smart City, Bogor Bakal Didukung Aplikasi Teknologi 4G

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Wujudkan Smart City, Bogor Bakal Didukung Aplikasi Teknologi 4GBogor, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengungkapkan daerah yang sudah mengembangkan konsep smart city di Indonesia terus bertambah., "Hingga saat ini, beberapa daerah yang mengusung smart city mencapai sekitar 20," ujarnya saat membuka “Workshop Smart Community for Smart City” di Bogor Green Room, Selasa, 16 Juni 2015 dalam kegiatan yang diprakarsai oleh Puslitbang Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Pemkot Bogor dan Forum Prakarsa Smart City Indonesia.

    Rudiantara mengatakan beberapa daerah yang tengah mengembangkan konsep smart city antara lain Bandung, Bogor, Banyuwangi, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Aceh, dan Balikpapan. Menurut dia, pengembangan kota pintar tersebut pada setiap daerah berbeda, bergantung pada apa yang ingin diusung Walikota atau Bupatinya.   

    Konsep smart city, dia melanjutkan, lebih banyak dilakukan pemerintah kota dibandingkan kabupaten karena cakupan kota lebih kecil dan efisien. Namun, menurut Rudiantara, ada beberapa kabupaten yang tengah mengembangkan konsep tersebut, “Tiap daerah levelnya berbeda karena aplikasinya bergantung pada fokus utama yang ingin diangkat kepala daerah. Misal, smart city di Bogor ingin benahi soal transportasi," katanya. Apa yang ditawarkan dalam konsep smart city dan smart society bahwa haruslah ditunjang dengan fasilitas informasi teknologi (IT) di tengah masyarakat.

    Dengan adanya teknologi di smartphone sudah banyak, dan mau nggak mau masyarakat sudah menggunakannya. Meski saat ini baru mengaplikasi teknologi 3G, belum 4G," tutur Rudiantara.

    Dengan aplikasi teknologi 4G, katanya, kecepatannya akan jauh lebih cepat 20 kali dibanding dengan aplikasi 3G yang saat ini digunakan.

    "Untuk teknologi 4G ini sudah dimulai, dan mulai dilaksanakan dari Wilayah Indonesia timur. Untuk Bogor sendiri dan wilayah Pulau Jawa, diperkirakan baru akan dimulai November nanti, dan akhir tahun diharapkan sudah selesai," jelas Rudiantara. Dalam acara Seri Workshop 3 Smart City ini, hadir Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Kepala Badan Litbang SDM Basuki Yusuf Iskandar, seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Prof. Suhono Harso Supangkat, CGEIT selaku Ketua SII-Forum dan Kepala Puslitbang PPI Kemkominfo Dr. Hedi M. Idris  (diani)

    Berita Terkait

    Indonesia di Hannover Messe 2023, Buka Gerbang Investasi Teknologi Industri

    Status partner country di acara ini juga memperlihatkan inisiatif inovasi 4.0 yang diusung Indonesia. Selengkapnya

    Jadi Kunci Pembangunan Smart City, Kominfo Dukung Pemda Ciptakan Inovasi

    Direktur LAIP Ditjen Aptika menjelaskan sesuai Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 Tahun 2019 penyelenggaraan smart city oleh pemerintah daera Selengkapnya

    Indonesia - Malaysia Bahas Kerjasama Bidang Pers dan Teknologi Digital

    Menteri Johnny menegaskan komitmen untuk saling berbagi informasi dan pengalaman dalam mengelola kebijakan di bidang pers dan teknologi digi Selengkapnya

    Gencarkan Literasi Digital, Kominfo: Pemerintah Dorong Publik Kuasai Teknologi Digital

    Staf Khusus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang menyatakan, program tersebut salah satu wujud perhatian pemerintah untuk men Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA