FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 08-2023

    786

    Menkominfo Ajak Masyarakat Makin Produktif dengan Kemajuan Digital

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta Pusat, Kominfo – Pemerintah mengajak masyarakat untuk makin produktif dengan kemajuan digital. Sejalan dengan pembangunan infrastruktur digital, Pemerintah mengajak semua pihak untuk menjaga ruang digital dari kejahatan keuangan berbasis digital.

    “Kepada seluruh Masyarakat, Kementerian komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengharapkan agar kemajuan digital itu harus membuat kita makin produktif bukan menjadi kita makin kontraproduktif, apalagi mundur,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9: Melawan Kejahatan Keuangan Berbasis Digital di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (21/08/2023).

    Menkominfo mengatakan pengertian produktif dalam hal itu adalah bahwa ruang digital harus bisa mengakselerasi cara berpikir dan bertindak seseorang. Dengan demikian, maka kemajuan digital akan bisa memberi sumbangsih bagi kemajuan masyarakat.

    “Dan akhirnya (Kemajuan digital) membawa kemajuan bagi bangsa kita terutama untuk menyongsong (visi) Indonesia Maju 2045,” tuturnya.

    Menurut Menteri Budi Arie, kemajuan ekosistem digital yang sudah ada ini harus dijaga bersama oleh seluruh masyarakat dari kejahatan keuangan berbasis digital yang makin marak belakangan ini.

    "Kejahatan keuangan berbasis digital yang menargetkan konsumen dan masyarakat itu bisa merusak ekosistem digital yang sudah dibangun dengan susah payah oleh semua pihak. Jadi itu peran aktif masyarakat untuk sama-sama menjaga kemajuan ekosistem digital itu untuk melindungi konsumen dan masyarakat,” tandasnya.

    Lebih lanjut Menkominfo menyatakan masyarakat harus selalu berhati-hati terhadap jenis kejahatan itu karena modus terus berkembang dan bervariasi. Oleh karena itu, masyarakat juga diimbau untuk saling mengingatkan, khususnya bagi kelompok rentan, termasuk guru, ibu rumah tangga, dan anak muda agar tidak gampang terpengaruh oleh modus kejahatan ini yang menawarkan cara mendapat uang dengan mudah.

    “Jadi ke depan untuk memberantasnya harus dikepung bersama masyarakat, saling mengingatkan ke tetangganya, ke rumahnya ke ibunya, kelompok rentannya (seperti) guru, ibu-ibu rumah tangga, anak muda supaya jangan terlalu gampang terpukau (modus kejahatan keuangan berbasis digital),” tegas Menkominfo.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA