FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 08-2023

    609

    Road to ISSS 2023, Kembangkan Industri IoT Smart House

    Kategori Berita Kominfo | Erbi

    Semarang, Kominfo - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika mengundang pelaku usaha di bidang Internet of Things untuk mengembangkan layanan smart home, bulding, dan warehouse. Hal itu merupakan bagian dari rangkaian Indonesia Smart Solutions Summit 2023 hasil kolaborasi dengan Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI). 

    “Kami mengundang para pelaku usaha di bidang IoT untuk bersama-sama merumuskan solusi-solusi IoT yang dapat digunakan pada smart home, building, and warehouse,” ujar Ketua Tim Teknologi dan Keselamatan RF Cahya Kania Purawijaya dalam Roadshow To ISSS 2023: Unleashing the Power of Digital Transformation: Smart Home, Building, and Warehouse di Semarang, Kamis (03/08/2023).

    Menurut Kania acara ini diharapkan menjadi cara untuk menggali dan membahas pemanfaatan solusi IoT, secara spesifik yang nantinya dapat digunakan pada rumah, bangunan, dan warehouse.

    “Seiring dengan pulihnya ekonomi indonesia pasca pandemi covid19, kami harap ada inovasi-inovasi yang mampu menjawab permasalahan lokal dengan solusi lokal juga,” tuturnya.

    Menurt Kania, Kementerian Kominfo berupaya mendorong solusi lokal menjadi tantangan bagi produsen global namun sekaligus menjadi peluang bagi inovator dalam negeri untuk bersaing.

    “Sebanyak 32% responden memilih menggunakan solusi kekhususan lokal, ini harus menjadi peluang yang wajib kita manfaatkan,” jelasnya.

    Lebih lanjut Kania mengungkapkan dengan berkembangnya perangkat IoT di rumah, gedung, dan warehouse akan menarik minat produsen dan menambah jumlah makers milenial nantinya.

    “Akan menjadi sinyal untuk produsen global bahwa generasi muda Indonesia juga tidak kalah dalam membuat inovasi IoT serupa,” ujarnya.

    Kegiatan seminar dihadiri oleh 70 orang pegiat IoT, dan akan dilaksanakan roadshow berikutnya ke Bandung dan Malang, sebelum kegiatan utama Indonesia Smart Solutions Summit 2023 dilaksanakan di Jakarta pada 1 November 2023.

    Dalam seminar kali ini hadir sebagai narasumber Dosen Teknik Elektro Universitas Diponegoro,  Sukiswo;  Head of Product & Solution PT Infrastruktur Digital Indonesia, Pitra Sakti Amalya dan General Manager Business Development PT. Hartono Istana Teknologi, Joegianto.  Ada pula, CEO PT. Everynet Indonesia Michael Abimanyu dan AVP-Head M2M Product Development Indosat Ooredoo Hutchison Arif Rusmana. Acara seminar dihadiri pelaku usaha, mahasiswa, serta perwakilan kementerian terkait.

    Berita Terkait

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024. Selengkapnya

    Menteri Keuangan RI Resmi Mundur? Itu Hoaks!

    Video tersebut merupakan video lama saat Menteri Sri Mulyani menyampaikan salam perpisahan pada tahun 2010, ketika beliau mundur sebagai Men Selengkapnya

    [Berita Foto] Rayakan Natal 2023, Menkominfo Gelar Open House

    Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir untuk bersilaturahmi dalam acara tersebut. Selengkapnya

    Jelang KTT AIS Forum 2023, Kominfo Luncurkan AISPedia

    AISPedia merupakan kelanjutan kerja-kerja komunikasi publik yang menjadi tanggung jawab Kementerian Kominfo. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA