FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 08-2023

    738

    Lantik Kembali 10 Pimpinan Tinggi Madya, Menkominfo Ajak Sukseskan Transformasi Digital

    SIARAN PERS NO. 172/HM/KOMINFO/07/2023
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam Pelantikan Kembali Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Kominfo, di Kantor BAKTI Kementerian Kominfo Centennial Tower, Jakarta Selatan, Rabu (02/08/2023). - (Pey)

    Siaran Pers No. 172/HM/KOMINFO/07/2023

    Rabu, 2 Agustus 2023

    tentang

    Lantik Kembali 10 Pimpinan Tinggi Madya, Menkominfo Ajak Sukseskan Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi melantik kembali dan mengambil sumpah jabatan sepuluh Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Kominfo. Menteri Budi Arie berharap, momentum pelantikan kembali Pimpinan Tinggi Madya itu, tidak hanya menjadi kegiatan seremonial dan administratif, tetapi menjadi awal transformasi Kementerian Kominfo sehingga dapat memulihkan kepercayaan rakyat melalui pelayanan publik yang profesional dan prima. 

    “Kita kobarkan semangat yang menyala-nyala untuk menyukseskan akselerasi transformasi digital nasional, demi membawa manfaat nyata bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ungkapnya dalam Pelantikan Kembali Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Kominfo, di Kantor BAKTI Kementerian Kominfo Centennial Tower, Jakarta Selatan, Rabu (02/08/2023). 

    Pelantikan kembali itu merupakan penerapan Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2023 tentang Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Keputusan Presiden Nomor 86 tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

    Dalam pelantikan itu, Menkominfo menekankan agar seluruh pejabat yang dilantik kembali memimpin seluruh Keluarga Besar Kementerian Kominfo dalam menjalankan tanggung jawab sesuai tugas pokok serta meningkatkan fokus terhadap tugas-tugas ke depan.

    “Pertama, hormati dan dukung terus proses hukum yang tengah berlangsung. Secara bersamaan, Ibu dan Bapak sekalian harus mampu menjaga, sekaligus meningkatkan semangat unit kerja masing-masing dalam menjalankan tanggung jawab yang ada. Sebagai pemimpin barisan, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya yang didukung pula oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama juga perlu untuk meningkatkan fokus terhadap tugas-tugas ke depan. Terlebih dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jutaan rakyat Indonesia yang menantikan kerja nyata kita bersama,” tandasnya.

    Kedua, Menteri Budi Arie menginstruksikan untuk memperhatikan secara bijak progress program maupun capaian prioritas Kementerian Kominfo. Mulai dari penyerapan anggaran yang berkualitas sejalan dengan peningkatan kinerja teknis; peningkatan integritas, akuntabilitas, dan profesionalisme di semua lini; hingga menyelesaikan target Pembangunan infrastruktur telekomunikasi, terutama penuntasan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) dan memastikan beroperasinya SATRIA-1.

    Menkominfo juga menegaskan arti penting penajaman proses farming dan refarming spektrum frekuensi radio serta penuntasan dan evaluasi Program Analog Switch Off (ASO). 

    Selanjutnya Menteri Budi Arie juga menekankan percepatan penyelesaian regulasi prioritas seperti yang berkaitan dengan revisi UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), kelembagaan Pelindungan Data Pribadi (PDP) maupun Publisher Right.

    Demikian juga penciptaan fair playing field bagi industri konvensional dan digital sehingga bermanfaat secara inklusif; optimalisasi program peningkatan kualitas SDM-talenta bidang digital; serta penguatan Government Public Relations (GPR) untuk agenda prioritas nasional seperti IKN dan PEMILU damai dan beretika 2024.

    Menteri Budi Arie juga menambahkan mengenai posisi strategis Kominfo sebagai penghasil terbesar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari kategori PNBP Lainnya, dan perlunya untuk mengawal sumber penerimaan negara yang berasal dari PNBP, Universal Service Obligation (USO) dan lainnya, sebagai pilar penopang utama anggaran Kementerian Kominfo.  

    Ketiga, Menkominfo juga mengajak seluruh sivitas Kementerian Kominfo menjadikan momentum pelantikan kembali sebagai kesempatan dalam mengobarkan spirit baru, energi baru, di seluruh Kementerian Kominfo, tanpa meninggalkan nilai-nilai kejujuran dan integritas. 

    “Saya mohon dan saya tugaskan semua Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, maupun para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, untuk membangkitkan spirit yang penuh dengan optimisme ini ke seluruh staf di semua satuan kerja Kementerian Kominfo,” tegasnya.

    Sesuai Keputusan Presiden No 86/TPA Tahun 2023, yang ditetapkan di Jakarta, 17 Juli 2023, sepuluh pejabat yang dilantik kembali yaitu Mira Tayyiba sebagai Sekretaris Jenderal, Arief Tri Hardiyanto sebagai Inspektur Jenderal, Ismail sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Wayan Toni Supriyanto sebagai Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Usman Kansong sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, dan Hary Budiarto sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

    Selanjutnya Widodo Muktiyo sebagai Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Media Massa, R. Wijaya Kusumawardhana sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi, Sosial, dan Budaya, serta Mochamad Hadiyana sebagai Staf Ahli Bidang Teknologi. 

    Acara pelantikan disaksikan Widyaiswara Utama Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kominfo Farida Dwi Cahyarini dan Basuki Yusuf Iskandar. Hadir pula pejabat pimpinan tinggi pratama Kementerian Kominfo.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 307/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Komitmen Investasi Rp28 T, Menteri Budi Arie: Microsoft Kembangkan AI dan Cloud di Indonesia

    Menurut Menteri Budi Arie, komitmen investasi Microsoft menjadi angin segar bagi pertumbuhan dan pengembangan ekosistem digital khususnya te Selengkapnya

    Siaran Pers No. 306/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    Perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 305/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA