FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 07-2023

    745

    Lindungi Masyarakat dari PBK Ilegal, Pemerintah Blokir 1.075 Domain Situs Web Entitas Ilegal

    Kategori Berita Pemerintahan | Erbi

    Jakarta Pusat, Kominfo – Pemerintah memblokir 1.075 domain situs web entitas illegal di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) pada semester pertama 2023.  Pemblokiran dilakukan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Langkah tersebut merupakan upaya strategis Bappebti dalam meminimalisir maraknya penawaran investasi PBK ilegal di Indonesia saat ini.

    “Bappebti akan terus melakukan patroli siber terhadap entitas-entitas yang melakukan promosi, iklan, dan penawaran investasi perdagangan berjangka ilegal di Indonesia, baik melalui situs internet, media sosial,maupun media daringlainnya,” tegas Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko, di Jakarta Pusat, Kamis (06/07/2023).

    Menurut Kepala Bappebti, hal tersebut bertujuan agar promosi, iklan,dan penawaran investasi ilegal di bidang perdagangan berjangka tidak dapat diakses di wilayah Indonesia. Langkah ini merupakan upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat dari potensi kerugian yang disebabkan oleh investasi ilegal. Selain itu, juga merupakan upaya pemerintah memberikan kepastian hukum berusaha bagi para pelaku usaha di bidang perdagangan berjangka.

    Didid menambahkan,untuk dapat melakukan kegiatan usaha perdagangan berjangka di Indonesia, setiap pihak wajib memiliki izin usaha yang diterbitkan oleh Bappebti.

    “Bertransaksi di entitas ilegal, apalagi yang berada di luar negeri sangat berisiko. Bappebti tidak dapat memfasilitasi masyarakat dalam rangka melakukan mediasi apabila terjadi perselisihan (dispute)antara masyarakat dengan entitas ilegal tersebut," jelasnya.

    Dalam kesempatan terpisah, Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Aldison menambahkan saat ini,masih marak penawaran investasi berkedok perdagangan berjangka.

    "Seolah-olah masyarakat diajak untuk berinvestasi perdagangan berjangka, namun sejatinya hal tersebut bukan perdagangan berjangka. Modus ini sering dijumpai ditengah masyarakat melalui aplikasi pesan seperti Whatsapp, Telegram,dan sejenisnya. Masyarakat diiming-imingi keuntungan yang besar dari titip dana trading.Setelah melakukan transfer dana,bukan keuntungan yang diperoleh, justru kerugian yang diderita,” tuturnya.

    Selain modus tersebut, yang sering dijumpai adalah penawaran investasi berkedok perdagangan berjangka atau aset kripto dengan skema member get member. Dalam perdagangan berjangka, dilarang menggunakan mekanisme perekrutan nasabah melalui skema member get member atau Multi Level Marketing(MLM).

    Ke depan, Bappebti mengimbau masyarakat agar lebih waspada dantidak mudah tergiur dengan iming-iming keuntungan tinggi dalam waktu singkat,apalagi menjanjikan tidak adanya risiko. Perdagangan berjangka bersifat high risk,high return. Artinya,selain dapat mendatangkan keuntungan yang besar, juga berpotensi menderita kerugian yang tidak kalah besarnya.

    “Untuk itu, sebelum memutuskan berinvestasi, masyarakat perlu memastikanlegalitas perusahaannya sertamempelajari serta mengenali risiko investasi tersebut. Untuk mengetahui legalitas perusahaan yang menawarkan perdagangan berjangka, dapat diakses melalui situs web resmi Bappebti di tautan https://ceklegalitas.bappebti.go.id/,” jelas Aldison.

    Berita Terkait

    Dukung Pemanfaatan AI di Pemerintahan, Keamanan Jadi Prioritas

    Kejahatan masa depan yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) membawa tantangan yang semakin kompleks. Ancaman seperti penyebaran Selengkapnya

    Pemerintah Blokir 1.855 Situs Entitas Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal

    Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, ketahui terlebih dahulu profil dan legalitas pelaku usaha di bidang PBK dengan cara mengakses situs w Selengkapnya

    Lewat Digitalisasi, Pemerintah Perkuat Pengawasan dan Berantas Korupsi

    Menteri Anas menyampaikan bahwa tidak ada cara yang lebih cepat untuk melipatgandakan pencapaian sebuah negara dan mendorong pelayanan masya Selengkapnya

    Lewat e-Smart IKM, Pemerintah Pacu Transformasi Digital

    Pemanfaatan perkembangan teknologi melalui penguasaan literasi digital di sisi pemasaran dan penjualan, serta dukungan teknologi di sisi man Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA