FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 06-2023

    650

    Wapres Optimis Kepri Capai Target Nasional Penurunan Stunting 14% di 2024

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Bintan, wapresri.go.id – Usai menyaksikan Pengukuhan KDEKS Kepulauan Riau (Kepri), Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin meninjau progres penurunan stunting di Posyandu Kasih Ibu II, Kecamatan Teluk Sebong, Desa Ekang Anculai, Bintan, Kepri, Kamis (08/06/2023).

    Menurut penjelasan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, angka prevalensi stunting Provinsi Kepri berdasarkan Hasil Riset Status Gizi Balita Indonesia (SSGI) Tahun 2022 menunjukkan Provinsi Kepulauan Riau merupakan provinsi terendah ke-4 (empat) se-Indonesia dan terendah ke-2 se-Sumatera.

    “Dengan penurunan prevalensi stunting memang sangat berdampak pada penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dari 99 kasus pada Tahun 2021 menjadi 37 kasus pada Tahun 2022,” jelas Ansari Ahmad.

    Lebih jauh, Ansar Ahmad menyebutkan, angka prevalensi stunting Provinsi Kepri menurun sebesar 2,2%, dimana, 17,6 % pada Tahun 2021, dan turun menjadi 15,4% pada Tahun 2022. Angka ini di bawah rata-rata angka stunting nasional tahu Sumatera n 2022 yaitu 21,6%.

    “Dengan penurunan prevalensi stunting jugs sangat berdampak pada Penurunan Angka Kematian Bayi (AKB) dari 306 kasus pada Tahun 2021 dan menurun menjadi 231 kasus pada Tahun 2022,” tambahnya.

    Lebih jauh Ansar Ahmad mengungkapkan langkah stragis yang telah dilakukan sehingga terjadi penurunan stunting di Kepri di antaranya pemberian multivitamin taburia; pemberian tablet tambah darah bagi ibu hamil dan remaja putri; serta pemberian makan tambahan untuk ibu hamil dan balita.

    “Melalui Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di mana tanggal 18 Mei 2022, Provinsi Kepulauan Riau menjadi tempat penyelenggaraan BIAN secara nasional. Jadi dicanangkan di Kepri dan itu menjadi penyemangat bagi kita,” jelasnya.

    Mendengar penjelasan Gubernur Kepri, Wapres optimis bahwa penurunan stunting di Kepri dapat mencapai target nasional di bawah 14 persen.

    “[Penurunan] Stunting sudah di posisi 15,4%. Jadi 2023 saja kalau bisa [turun] 2,2 [%] berarti tinggal 13 [%],” kata Wapres memprediksi.

    Sebagai wilayah yang dikelilingi lautan, Wapres pun mengimbau, agar anak-anak di Kepri mengkonsumsi lebih banyak ikan, sehingga mendapat asupan gizi yang lebih baik, yang nantinya juga akan mencegah stunting.

    Selain Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, hadir mendampingi Wapres dalam peninjauan ini, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Robikin Emhas, dan Arif Rahmansyah Marbun, Tim Ahli Wapres Sukriansyah dan Iggi Haruman Achsien, Kepala Badan Amil Zakat Nasional Noor Achmad, dan Plt. Direktur Eksekutif KNEKS Taufik Hidayat. 

    Berita Terkait

    Wapres Sampaikan Tausiah Tentang Hikmah Puasa

    Wapres menyebutkan bahwa hikmah ibadah puasa berikutnya adalah untuk melatih diri menahan hawa nafsu. Sebab, nafsu merupakan salah satu musu Selengkapnya

    Dorong Aktivasi Gim Nasional Lewat Partisipasi dalam India Gaming Show 2024

    Jadi salah satu tindak lanjut dari amanat Perpres Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Selengkapnya

    Wapres: Optimalkan Program Percepatan Penurunan Stunting!

    Wapres mengingatkan bahwa target tahun ini akan dapat dicapai apabila semua pihak lebih bersungguh-sungguh menjalankan program penurunan stu Selengkapnya

    Pimpin SKP, Presiden Tekankan Kesiapan Ramadan dan Penyusunan RAPBN 2025

    Presiden menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk memastikan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan khu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA