FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 06-2023

    906

    Presiden Pimpin Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Monas

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Sisi Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (01/06/2023). Presiden Joko Widodo yang tampak mengenakan pakaian adat Kesultanan Deli tiba di lapangan upacara sekitar pukul 07.58 WIB bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

    Tepat pukul 08.00 WIB rangkaian upacara dimulai diawali dengan laporan komandan upacara, Kombes Pol. Alfian Nurrizal, kepada inspektur upacara. Kombes Pol. Alfian Nurrizal yang lahir di Sumenep, 10 Februari 1978 merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 2000 dan saat ini menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas Polda DIY.

    Sementara itu, berperan sebagai perwira upacara ialah Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Pria yang lahir di Jakarta, 10 Februari 1967 tersebut merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

    Dalam upacara tersebut, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila, sedangkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani membacakan naskah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Sementara itu, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman memimpin pembacaan doa selepas pemberian amanat oleh inspektur upacara.

    Untuk diketahui, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Adapun slogan atau tagline dari tema tersebut yaitu “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”.

    Tampak hadir mengikuti upacara yakni Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono, para pimpinan lembaga negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para pimpinan lembaga pemerintah non-kementerian, para Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Ketua BPIP Yudian Wahyudi, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

    Berita Terkait

    Pemerintah Hormati Putusan MK Soal Pilpres yang Final dan Mengikat

    Presiden menyatakan bahwa pemerintah akan mendukung proses transisi dari pemerintah saat ini kepada pemerintah yang akan datang. Selengkapnya

    Presiden Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan

    Bantuan yang dikirimkan tersebut, kata Presiden, bernilai kurang lebih Rp30 miliar berupa obat-obatan dan peralatan-peralatan kesehatan dan Selengkapnya

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    Indonesia Jajaki Peningkatan Kerja Sama Transformasi Digital dengan Australia

    Menteri Anas juga mengusulkan dua hal yang dapat ditempuh sebagai penguatan kolaborasi Indonesia-Australia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA