FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 05-2023

    508

    Manajemen Talenta, Instrumen Efektif untuk Memilih Calon Pemimpin Organisasi

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Jakarta Pusat, Kominfo – Dalam dinamika perkembangan kondisi global, seluruh aspek kehidupan turut mengalami perubahan, salah satunya praktik tata kelola pemerintahan. Di Indonesia, perkembangan praktik ini ditandai diantaranya melalui upaya peningkatan sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN), utamanya pada kualitas kepemimpinan. Sebab, kualitas ini memiliki peran penting sebagai salah satu faktor penentu kinerja organisasi pemerintahan.

    “Kebijakan manajemen talenta dapat menjadi instrumen efektif untuk memilah dan memilih calon-calon pemimpin di berbagai tingkatan organisasi,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2023 yang disampaikan secara virtual di Jakarta, Selasa (30/05/2023).

    Dalam acara yang mengangkat tema “Talent Management 2030: Smart, Agile, Empathy” ini lebih lanjut Wapres menyampaikan, melalui manajemen talenta, diharapkan akan tersaring individu-individu yang berdaya saing, yang dalam jangka panjang dapat membawa tata kelola pemerintahan di Indonesia menjadi lebih baik serta dapat menularkan keunggulan yang dimilikinya kepada para generasi penerus bangsa.

    “Kita mencita-citakan ASN Indonesia tidak hanya berdaya saing, unggul, dan andal, tetapi juga cerdas, lincah, dan memiliki empati yang menandakan kecerdasan emosional,” papar Wapres.

    “Talenta-talenta terbaik ini juga harus diciptakan secara terukur dari waktu ke waktu, sehingga keberadaannya akan berkesinambungan,” tambahnya.

    Melalui Rakornas ini, Wapres mengimbau kepada para peserta untuk memanfaatkan momentum ini sebagai sarana bertukar pikiran dan gagasan dalam memaksimalkan efektivitas manajemen talenta untuk kemajuan tata kelola pemerintahan Indonesia.

    “Saya ingin Rakornas ini dapat menjadi forum strategis untuk menelurkan gagasan-gagasan segar dari para pemangku kepentingan guna pengembangan ASN ke depan. Terlebih, pilihan tema manajemen talenta juga sangat relevan dengan agenda transformasi pembangunan menuju Indonesia Emas 2045,” pungkas Wapres.

    Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil, memaparkan perkembangan implementasi reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat hingga ke tingkat kota dan desa. Ia menyampaikan, selain melalui manajemen talenta, Provinsi Jawa Barat juga telah menggunakan artificial intelligence (kecerdasan buatan) untuk mengisi beberapa pos dalan penerapan reformasi birokrasi.

    Melalui adaptasi-adaptasi yang dilakukan, ia berharap, Provinsi Jawa Barat dapat menjadi salah satu penopang keberhasilan Reformasi Birokrasi yang berkualitas di Indonesia.

    “Kami melakukan yang namanya reformasi birokrasi terus menerus. Kami beradaptasi dengan revolusi disrupsi digital. Disrupsi jangan ditakuti, jangan dihindari, jangan dilawan, tapi disahabati, direspon. Saya doakan mudah-mudahan 2045 kita menjadi negara maju, memiliki sumber daya manusia berkualitas, infrastruktur ekonomi berkualitas dan reformasi birokrasi juga sangat berkualitas,” imbuhnya.

    Hadir pada acara ini diantaranya, Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil, Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah, serta para Pejabat Tinggi dari Kementerian/Lembaga/Daerah se-Indonesia.

    Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Aziz, serta Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas. 

    Berita Terkait

    Topang Ekonomi Nasional, Pemerintah Dorong Industri Mamin Percepat Transformasi Digital

    Digitalisasi membawa efek positif bagi sektor industri makanan dan minuman dalam upaya meningkatkan nilai ekspor. Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Indonesia Terbuka untuk Investasi

    Indonesia juga menargetkan 23 persen sumber energi yang dihasilkan berasal dari energi baru dan terbarukan (EBT) pada 2025 Selengkapnya

    Penguatan Ekosistem Digital, Pemerintah Tingkatkan Kualitas SDM

    Wamenparekraf menegaskan bahwa kuantitas dan kualitas sumberdaya manusia yang bergerak dalam industri digital harus ditingkatkan. Selengkapnya

    Pemerintah Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Turki dan Suriah

    Menko PMK menuturkan bahwa pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan tahap pertama berupa sejumlah personel dan peralatan pendukung ter Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA