FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 05-2023

    657

    Kolaborasi Kehumasan untuk Tingkatkan Efektivitas Strategi Komunikasi Publik

    Kategori Berita Pemerintahan | Erbi

    Bogor, Kominfo - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian membangun kolaborasi untuk memperkuat sinergi antar humas kementerian dan lembaga, terutama yang berada dalam lingkup koordinasi.  Kolaborasi diawali dengan pembahasan mengenai beragam praktik kehumasan yang terkait strategi komunikasi publik, dengan menggali lebih jauh best practices yang selama ini telah berjalan.

    “Pemerintah juga harus senantiasa mempublikasikan kinerjanya dan ini juga memacu kehumasan di kementerian dan lembaga untuk selalu aktif bergerak. Jadi kesempatan ini sangat baik untuk kita sharing, dan mudah-mudahan momen ini berlanjut dan dalam lingkup lebih besar,” jelas Kepala Biro KLIP Haryo Limanseto  dalam  Rapat Koordinasi Literasi dan Kepustakaan di Bogor, Jumat (26/05/2023).

    Jaringan antar kementerian dan lembaga mutlak diperlukan untuk memperkuat efektivitas komunikasi publik program Pemerintah yang tentunya menyangkut hajat hidup orang banyak. “Selain itu, kami juga memperkuat koordinasi antara kedeputian di internal Kemenko Perekonomian,” ujar Karo KLIP Haryo.

    Agar komunikasi publik berlangsung dengan semakin efektif, pilihan strategi tentu menjadi hal yang sangat penting. Unit Humas dan Strakom Biro KLIP sendiri telah menerapkan sejumlah strategi di antaranya berupa penguatan relevansi target, penguatan indikator capaian, pengayaan produk, penyempurnaan mekanisme, akselerasi utilisasi Studio EkonIcon, dan optimalisasi kanal-kanal distribusi publikasi.

    Pranata Humas Madya Kemenko Perekonomian Ferry Surfiyanto menyatakan arti penting pilihan strategi untuk mengantisipasi tantangan serta dinamika yang ada. Kondisi nasional dalam memasuki tahun politik yang akan mempengaruhi intensitas pemberitaan perekonomian, kecepatan pemberitaan media, penyederhanaan penyampaian informasi publik agar lebih mudah dipahami, menjadikan referensi bagi kalangan akademisi, dinamika perubahan preferensi publik, peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat, serta keikutsertaan Indonesia dalam berbagai forum internasional menjadi tantangan yang diperkirakan muncul di tahun 2023.

    “Yang terpenting untuk menjadikan Kemenko Perekonomian sebagai referensi utama pemberitaan kebijakan perekonomian Indonesia, nomor satu kita harus mampu menjadi trusted source dan menjaga kredibilitas,” ungkapnya.

    Koordinasi dan kolaborasi antar Humas Kementerian/Lembaga juga harus terus dibangun dengan dilandasi semangat untuk menyatukan gerak langkah. “Semangatnya kebersamaan, untuk mendorong perubahan agar Humas Pemerintah dapat terus bergerak ke arah yang lebih baik,” tandas Ferry.

    Berita Terkait

    Wapres Paparkan Tiga Langkah Strategis Kembangkan Ekosistem Rantai Nilai Halal

    Selain dukungan multipihak, diperlukan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan ekosistem tersebut. Selengkapnya

    Wapres Bahas Peningkatan Kerja Sama dengan Menteri Energi dan Infrastruktur PEA

    Wapres mengharapkan bahwa kerja sama ini tidak hanya terbatas pada lingkup universitas, tetapi juga merambah kalangan pesantren. Sehingga, p Selengkapnya

    Presiden Tekankan Peran Strategis Lembaga Pendidikan Tinggi Indonesia Cetak SDM Unggul

    Selain itu, perguruan tinggi juga memiliki peran strategis menjadi lembaga riset. Selengkapnya

    Presiden Instruksikan Jajaran Waspadai Dinamika Geopolitik

    Kepala Negara menyampaikan pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan iklim yang dapat mengganggu musim tanam dan panen raya. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA