FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 05-2023

    1568

    Komitmen ASEAN Bangun Ekosistem Mobil Listrik Langkah Tepat

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Ratusan unit Elektronic Vehicle/EV (kendaraan listrik) dikerahkan untuk mobilitas delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023, yang berlangsung pada 9 hingga 11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). - (InfoPublik/Agus Siswanto)

    SIARAN PERS
    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT ASEAN 2023
    No.82/SP/TKM-ASEAN2023/INA/5/2023

    Komitmen ASEAN Bangun Ekosistem Mobil Listrik Langkah Tepat

    Jakarta, 12 Mei 2023 – komitmen Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk membangun ekosistem mobil listrik (Electric Vehicle/EV) dinilai sebagai langkah yang sangat tepat oleh peneliti dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Ropiudin.

    "Kesepakatan ASEAN untuk membangun ekosistem kendaraan listrik merupakan langkah tepat yang perlu disambut dengan baik," kata Ropiudin dihubungi dari Jakarta, Jumat (12/5/2023).

    Pembangunan ekosistem kendaraan listrik di kawasan ASEAN, kata dia, merupakan suatu hal yang penting dan bermanfaat dalam upaya menjaga lingkungan dan mengurangi polusi udara secara bersama-sama.

    Peneliti senior laboratorium teknik sistem termal dan energi terbarukan Unsoed tersebut menambahkan kendaraan listrik yang menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, air, panas bumi, atau biomassa, dapat mengurangi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim.

    Kendati demikian Ketua Bidang Riset Aliansi Dosen Nahada (ADN) Jateng-DIY itu menambahkan pembangunan ekosistem kendaraan listrik juga menghadapi beberapa tantangan seperti harga kendaraan listrik yang masih lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan konvensional, serta perlunya peningkatan infrastruktur pengisian baterai.

    "Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan harga kendaraan listrik serta memperluas infrastruktur pengisian baterai," katanya.

    Ropiudin juga mengatakan sektor transportasi merupakan salah satu penyumbang terbesar emisi gas rumah kaca. Oleh karena itu diperlukan langkah untuk mendorong adopsi kendaraan listrik guna mencapai target pengurangan emisi global.

    Namun, kata dia, hal tersebut harus dilihat secara holistik dan memperhatikan ketersediaan dan keberlanjutan sumber daya energi yang digunakan untuk memproduksi listrik.

    Presiden RI Joko Widodo di akhir rangkaian KTT ke-42 ASEAN 2023 menyatakan bahwa salah satu dari tiga poin utama kesepakatan yang dihasilkan adalah penguatan kerja sama ekonomi. ASEAN dikatakan Presiden Jokowi sepakat membangun ekosistem mobil listrik dan menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia, sehingga hilirisasi industri menjadi kuncinya.

    Kesepakatan kedua adalah perlindungan pekerja migran dan korban perdagangan manusia. Ketiga adalah ASEAN bulat menyatakan bahwa pencederaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan tidak bisa ditoleransi. Five-point Consensus memandatkan ASEAN harus engage dengan semua stakeholders. Inklusivitas harus dipegang kuat oleh ASEAN karena kredibilitas ASEAN sedang dipertaruhkan.
    *
    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong (0816785320).
    Dapatkan informasi lainnya di http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

    Berita Terkait

    AIS Forum Ikut Menjaga Kelestarian Ekosistem Mangrove lewat Aplikasi Digital

    Kehadiran mangrove juga bisa mencegah terjadinya abrasi pantai, mengurangi dampak dari gelombang pasang, ataupun menghindari dampak buruk da Selengkapnya

    KTT AIS Forum 2023 Berpotensi Bawa Perbaikan Kualitas Ekosistem Pesisir dan Laut

    Pembahasan isu penanggulangan pencemaran di laut pada forum pertemuan negara pulau dan kepulauan sedunia itu merupakan momentum yang sangat Selengkapnya

    Perhelatan KTT ke-43 ASEAN Gunakan Listrik Energi Bersih

    PLN meningkatkan penggunaan pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) sebagai pemasok listrik dalam rangka mengurangi polusi di Jakarta. Selengkapnya

    Pengemudi Mobil Listrik Bangga Berpartisipasi di Perhelatan KTT ke-42 ASEAN 2023

    Menjadi pengemudi di perhelatan internasional diakui Dewa bukan yang pertama kali baginya. Sebelumnya, Dewa Made juga ikut andil di kegiatan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA