FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 05-2023

    418

    Aroma Kopi Flores Memikat Delegasi KTT ke-42 ASEAN 2023

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Para delegasi KTT ke-42 ASEAN tampak antusias menikmati kopi asli NTT yang disajikan langsung oleh para pengusaha kopi lokal NTT yang dihadirkan di venue, Kamis (11/5/2023).

    SIARAN PERS
    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT ASEAN 2023
    No.77/SP/TKM-ASEAN2023/INA/5/2023 



    Aroma Kopi Flores Memikat Delegasi KTT ke-42 ASEAN 2023

    Manggarai Barat, 11 Mei 2023 – Delegasi dan panitia penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 dari berbagai negara menyerbu sejumlah objek wisata, termasuk pusat-pusat penjualan suvenir di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kota Pariwisata Super Premium yang terletak di ujung Barat Flores itu, lebih meriah.

    Tidak terkecuali tiga titik yang menjadi lokasi expo usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang layak dikunjungi sesuai rekomendasi panitia, seperti Gua Batu Cermin, Lapangan Waikusambi, serta Waterfront.

    Demikian dikatakan Kepala Sub Divisi UMKM dan Festival Desa Binaan Bank NTT, Reinhard Djo, saat dikonfirmasi, Kamis (11/5/2023).

    Sejumlah tamu mulai datang ke tiga lokasi itu dan melihat dari dekat aneka suvenir dan juga makanan olahan yang disiapkan. Salah satunya Kopi Flores. "Belasan tamu dari luar negeri, sangat menikmati nikmatnya Kopi Flores di jejeran lapak UMKM pada Gua Batu Cermin," kata Reinhard.

    Menurut Reinhard, para tamu terpikat aroma dan juga cita rasa kopi yang sangat kuat yang disuguhkan.

    “Banyak tamu yang mengunjungi lokasi Festival Budaya Side Event ASEAN Summit 2023 ini, dan mereka mencicipi beraneka penganan dan juga makanan berbahan dasar pangan lokal," ujar Reinhard.

    KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo berdampak positifnya bagi masyarakat setempat. Salah satu dampak ekonomi dirasakan bagi para penggiat kopi asli NTT khususnya kopi dari daratan Flores.

    Dari pengamatan lapangan, para delegasi KTT ASEAN tampak menikmati kopi asli NTT baik dalam kegiatan side event maupun main event, yang disajikan langsung oleh para pengusaha kopi lokal NTT di venue.

    Untuk diketahui bahwa kopi NTT tersebar di beberapa wilayah yang berada di daratan Flores, Sumba, Timor, Alor dan lainnya. Tercatat kurang lebih 13 kabupaten merupakan daerah penghasil kopi yang terus dikembangkan kualitas dan kuantitasnya oleh pemerintah bekerja sama dengan berbagai komunitas penggiat kopi NTT.

    Ketua Dekopi (Dewan Kopi Indonesia) NTT, Bony Romas, menyebutkan beberapa varian kopi NTT yang cukup terkenal dan tua adalah kopi Arabica Bajawa, Arabika Manggarai, Robusta Manggarai, Yellow Caturra Manggarai, Red Bourbon Manggarai, Juria Manggarai.

    “Yellow Catura Bajawa banyak diminati oleh para penikmat kopi baik lokal maupun internasional karena diyakini satu yang terbaik dan berasal dari Bajawa, Kabupaten Ngada,” ujarnya.

    Demikian juga dengan jenis Juria Manggarai yang berasal dari desa Colol, Kabupaten Manggarai. Jenis ini adalah kopi tua yang nikmat dan terus menerus dipelihara secara tradisional oleh masyarakat setempat.

    ***
    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong (0816785320)
    Dapatkan informasi lainnya di http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

    Berita Terkait

    Keberhasilan Kolaborasi Penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023

    Kesuksesan KTT bisa dinilai dari kelancaran pelaksanaan acara dan juga keindahan dan kenyamanan tata ruang tempat konferensi diselenggarakan Selengkapnya

    Daftar Kepala Negara dan Delegasi yang Menghadiri KTT AIS Forum 2023

    Sejumlah pimpinan negara dijadwalkan hadir pada KTT AIS Forum di Bali, tercatat lima pimpinan tertinggi negara hadir langsung yaitu Presiden Selengkapnya

    Indonesia Promosi Praktik Baik Blue Economy di KTT AIS Forum 2023

    Lima kebijakan pokok yang dimaksud, pertama, memperluas kawasan konservasi. Hal ini menjadi penting karena menyangkut juga soal perubahan ik Selengkapnya

    Kominfo Pastikan Infrastruktur Telekomunikasi Lancar di KTT AIS Forum 2023

    Kementerian Kominfo dikatakan Usman bekerja sama dengan Telkom untuk memastikan kelancaran akses telekomunikasi selama ajang tersebut berlan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA