FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 05-2023

    685

    Presiden RI Ajak Pemimpin ASEAN Nikmati Matahari Tenggelam di Labuan Bajo

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Presiden RI Joko Widodo mengajak para pemimpin ASEAN menikmati suasana matahari tenggelam dari atas kapal pinisi di perairan Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023). - (ASEAN2023 Host Photographer)

    SIARAN PERS
    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT ASEAN 2023
    No.68/SP/TKM-ASEAN2023/INA/5/2023


    Presiden RI Ajak Pemimpin ASEAN Nikmati Matahari Tenggelam di Labuan Bajo

    Manggarai Barat, 10 Mei 2023 – Presiden RI Joko Widodo mengajak para pemimpin ASEAN menikmati suasana matahari tenggelam dari atas kapal pinisi di perairan Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).

    Kegiatan tersebut dilakukan Presiden Joko Widodo selepas rangkaian acara sidang pleno dan pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di hari yang sama, rampung dilaksanakan.

    Presiden Joko Widodo awalnya menunggu rombongan pemimpin ASEAN bersama para pendampingnya tiba di Hotel Meruorah sebelum mobil mereka bertolak ke dermaga Marina Labuan Bajo menuju kapal pinisi yang akan ditumpangi.

    Sekitar pukul 16.51 WITA, iring-iringan para pemimpin ASEAN tiba di dermaga Marina Labuan Bajo, dipimpin mobil yang ditumpangi Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

    Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana kemudian segera naik ke geladak kapal pinisi yang disiapkan untuk menikmati suasana matahari tenggelam, disusul Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah yang tiba didampingi Pangeran 'Abdul Mateen.

    Sesudahnya secara bergantian satu per satu pemimpin ASEAN secara bergantian naik ke geladak kapal pinisi.

    Di atas geladak kapal pinisi, telah disediakan kursi-kursi yang disusun melingkari meja sebagai tempat para pemimpin ASEAN dan pendampingnya bercengkerama menghabiskan senja.

    Presiden dan Ibu Negara duduk di kursi paling tengah geladak, tepat bersinggungan dengan tiang utama layar kapal pinisi.

    Lantas searah jarum jam, duduk mengitari meja adalah Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bersama pendamping, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. bersama pendamping, PM Singapura Lee Hsien Loong bersama pendamping, serta PM Timor Leste Taur Matan Ruak bersama pendamping.

    Selanjutnya, Deputi PM sekaligus Menteri Luar Negeri Thailand Don Don Pramudwinai, PM Laos Sonexay Siphandone bersama pendamping, Sultan Hasanal Bolkiah bersama Pangeran 'Abdul Mateen, PM Vietnam Pham Minh Chinh, dan PM Kamboja Hun Sen yang tepat bersebelahan dengan Presiden Joko Widodo melengkapi konfigurasi lingkaran.

    Setelah awak media yang mengambil foto suasana para pemimpin ASEAN dan pendamping bercengkerama dipersilakan turun, sekira pukul 17.00 WITA, kapal pinisi berlayar lebih ke tengah perairan Pelabuhan Labuan Bajo untuk memberi kesempatan para pemimpin ASEAN menikmati suasana matahari tenggelam.

    Diketahui selepas kegiatan menikmati suasana matahari tenggelam itu, Presiden Joko Widodo dijadwalkan menggelar jamuan makan malam bagi para pemimpin ASEAN di Ayana Komodo Waecicu Beach.

    Kegiatan menikmati suasana matahari tenggelam sejalan dengan niatan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan KTT ke-42 ASEAN 2023 sebagai momentum untuk mempromosikan Labuan Bajo agar semakin dikenal dunia. Hal itu sempat disampaikan Presiden Jokowi setibanya di Bandara Komodo, Labuan Bajo, pada Minggu (7/5/2023).

    "Ini momentum yang sangat baik kita adakan KTT ASEAN di Labuan Bajo untuk mempromosikan Labuan Bajo, supaya semua dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur," kata Presiden Jokowi. Presiden RI Joko Widodo mengajak para pemimpin ASEAN menikmati suasana matahari tenggelam dari atas kapal pinisi di perairan Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).

    *
    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong (0816785320).
    Dapatkan informasi lainnya di http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

    Berita Terkait

    Presiden RI Pimpin KTT AIS Forum Hari Ini

    Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan membuka KTT AIS Forum pada pukul 09.45 WITA, dengan menyampaikan pidato sambutan. Selengkapnya

    Presiden RI di Gala Dinner KTT AIS Forum: Laut Masa Depan Kita

    KTT AIS Forum dilaksanakan untuk mempererat kerja sama antar negara pulau dan kepulauan. Negara-negara kepulauan tersebut memiliki kesamaan, Selengkapnya

    Presiden RI Pimpin KTT AIS Forum 2023

    Besok, hasil dari the 5th MM AIS Forum 2023 akan dibahas oleh para kepala negara di KTT AIS Forum 2023, dan disepakati pada akhir KTT. “Pr Selengkapnya

    Presiden RI: Jadikan Samudera Hindia sebagai Lautan Kerja Sama

    Banyak potensi kerja sama yang bisa dijalin mulai dari sektor ekonomi biru, konektivitas maritim, hingga sumber daya energi laut yang berkel Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA