FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 05-2023

    705

    Kominfo Siapkan Media Center KTT ke-42 ASEAN untuk 340 Jurnalis

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Manggarai Barat, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan tiga ruangan dengan kapasitas sebanyak 340 kursi di Hotel Bintang Flores menjadi media center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat,  Nusa Tenggara Timur. 

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyataan Indonesia telah mempunyai pengalaman dalam mengelola komunikasi publik dan media center saat pelaksanaan KTT G20. “Nah, pengalaman itu menjadi reference untuk penyelenggaraan KTT ASEAN sekarang,” tuturnya dalam Kunjungan Jurnalistik Persiapan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT,  Selasa (02/05/2023).

    Menurut Moeldoko, Pemerintah Indonesia juga melakukan berbagai evaluasi untuk menjadi masukan demi perbaikan yang makin optimal. “Semua kita lihat sudah dipersiapkan. Saya bersama Pak Menteri Kominfo hari ini mengunjungi tiga titik ini menjadi pusat kegiatan selama gelaran KTT ke-42 ASEAN,” ucapnya.

    Sebelumnya, Direktur Jenderal Infomasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan, pihaknya akan memberi dukungan berupa pengelolaan website resmi di KTT ASEAN 2023 yakni asean2023.id dan pengelolaan registrasi media secara daring, seperti yang diterapkan dalam Keketuaan G20 Indonesia.

    “Pengelolaan website resmi meliputi pengelolaan konten website yang terdiri atas penulisan penyuntingan pembuatan penerjemahan dan pengunggahan konten siaran pers artikel berita, infografik, foto dan video terkait Keketuaan ASEAN dan penyedia server serta pengamanan server,” tuturnya.

    Lebih lanjut Dirjen Usman Kansong menjelaskan, berita dan foto berasal dari para humas kementerian dan lembaga yang akan mengirimkan rilis kegiatan ASEAN di lingkungannya. Hal itu, karena akan ada banyak event yang digelar sebelum KTT ASEAN di Labuan Bajo dan liputan nanti akan dilakukan oleh sektor atau kementerian yang menyelenggarakan.

    Sekretaris Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik  Kementerian Kominfo Sumiati menyatakan saat ini  ruangan media centeri masih dalam persiapan dan ditargetkan selesan dan siap digunakan oleh media pada pekan ini.

    "Dengan total di tiga ruangan di sini, dapat ditempati oleh sebanyak 340 orang rekan media," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Sumiati.

    Hingga berita ini dibuat, sebanyak 319 orang wartawan, baik dari media nasional, media ofisial, dan koresponden media asing telah diverifikasi dalam pendaftaran peliputan KTT Ke-42 ASEAN.

    Sesditjen IKP Kementerian Kominfo menyatakan penyelesaian ruangan ini akan dilakukan pada 4 Mei 2023 dan gladi resik dapat dilakukan sehari setelahnya atau pada 5 Mei 2023.

    "Fasilitas yang akan didapat oleh media peliput, antara lain working station berupa komputer, koneksi internet wi-fi, jaringan LAN, makan siang, mini studio, standupper, serta beberapa booth media," ujarnya.

    Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN akan berlangsung di Labuan Bajo, NTT pada 9 hingga 11 Mei 2023. Pertemuan itu rencananya dihadiri sejumlah pemimpin negara ASEAN yang akan membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama di bawah Keketuaan Indonesia yang mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth".


    Sumber: infopublik.id

    Berita Terkait

    Media Center World Water Forum 2024 Mampu Tampung Seribu Jurnalis

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo menjelaskan media center itu akan memiliki berbagai fasilitas penunjang kerja jurnalis peliput World Water Fo Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Pastikan Kesiapan Media Center KTT ke-43 ASEAN

    Dalam peninjauan itu, Menteri Budi Arie didampingi Wamenkominfo Nezar Patria dan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Usman Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA