FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 04-2023

    733

    Awas Disinformasi! KPK Tangkap Lima Pelaku Transaksi Janggal Kemkeu

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan video di media sosial Facebook berisi klaim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menangkap lima pelaku yang berkaitan dengan dugaan transaksi janggal Rp300 triliun di Kementerian Keuangan.

    Konon dalam unggahan itu, disebutkan bahwa penangkapan tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Kominfo menemukan fakta, klaim yang menyatakan bahwa KPK berhasil menangkap lima pelaku terkait dugaan transaksi janggal Rp300 triliun di Kemenkeu adalah keliru.

    Fakta dari kompas.com menunjukkan bahwa tidak ditemukan informasi KPK berhasil menangkap lima pelaku terkait dugaan transaksi janggal Rp300 triliun di Kemenkeu.

    Narator dalam unggahan video hanya membacakan artikel milikliputan6.com terkait Mahfud MD yang menjadi tren di media sosial Twitter setelah mengungkapkan "uang siluman" yang melibatkan pegawai Kemenkeu.

    Sementara itu, salah satu cuplikan video yang termuat dalam unggahan merupakan klarifikasi Mahfud MD terkait pernyataan transaksi janggal Rp300 triliun di Kemenkeu.

    Sampai saat ini, belum ditemukan informasi resmi terkait KPK menangkap lima pelaku transaksi janggal Rp300 triliun di Kemenkeu.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinfirmasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (01/04/2023):

    1. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Pj Sekda Kota Bekasi
    2. [HOAKS] OKI Bagikan Dana Bantuan Senilai Rp124 Juta untuk Umat Islam
    3. [DISINFORMASI] Anggota DPR Lempar Kursi Saat Rapat dengan Mahfud MD
    4. [DISINFORMASI] Radiasi Ponsel Meningkat 1.000 Kali saat Daya Baterai 10 Persen
    5. [DISINFORMASI] KPK Tangkap Lima Pelaku Transaksi Janggal Rp300 Triliun di Kemenkeu
    6. [DISINFORMASI] Video Aparat Tembak Mati Ferdy Sambo

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Antre Panjang di Pelabuhan Gilimanuk Awal April 2024

    Fakta dari akun Instagram resmi @poldabali klaim video antrean panjang itu hoaks. Selengkapnya

    Awas Hoaks! BI Tak Layani Penukaran Uang Baru Idulfitri Tahun Ini

    Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, narasi soal BI tidak melayani penukaran uang baru untuk Idul Selengkapnya

    Awas Hoaks! Bantuan Dana Peserta BPJS Kesehatan

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata informasi bantuan dana Rp125 juta untuk peserta BP Selengkapnya

    Awas Hoaks! Informasi Tenggat Penguruan STR Seumur Hidup

    Klaim terkait pengurusan STR Seumur Hidup bagi named dan nakes sebelum tanggal 1 Februari 2024 adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA