FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 03-2023

    1537

    Pemerintah Pastikan Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Teknis Transparan dan Akuntabel

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta Selatan, Kominfo - Seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis 2022 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah dimulai. Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini menjamin pelaksanaan seleksi ini berlangsung transparan dan akuntabel.

    “Kita memberikan kesempatan seluas-luasnya pada masyarakat untuk mengisi formasi yang sudah dibuka oleh masing-masing kementerian/lembaga. Masyarakat tidak perlu khawatir, rekrutmen PPPK sudah sangat transparan dan terbuka untuk siapapun,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta, Jumat (17/03).

    Rini menjelaskan PPPK punya peran yang signifikan untuk reformasi birokrasi sehingga proses perekrutannya harus dilakukan dengan cermat. Bergabungnya PPPK di Kementerian PANRB maupun instansi lainnya diharapkan dapat menambah engine baru untuk memuluskan implementasi birokrasi berdampak.

    “Jadi masing-masing punya peran yang berbeda, tentu saja dengan spesialisasi kompetensi yang mereka punya, bisa memperkuat pelaksanaan strategi yang dilakukan oleh instansi pemerintah sehingga program reformasi birokrasi dari segala bidang itu bisa dilaksanakan,” ungkapnya.

    Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Imas Sukmariah memastikan tidak ada perbedaan antara seleksi PPPK dengan seleksi CPNS dari segi kualitas. “Jadi untuk memfasilitasi tes PPPK yang dimulai hari ini di seluruh Indonesia tentu yang digunakan sama persis seperti yang digunakan tes CPNS, akuntabilitas, terkait transparansi kita jamin bahwa ini tidak ada bedanya,” katanya.

    Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Hukum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih mengungkapkan total peserta yang mengikuti seleksi PPPK di lingkungan Kementerian PANRB ada 133 peserta. Para peserta memiliki latar belakang dan pengalaman kerja sesui dengan formasi yang dilamar.

    “Dengan latar belakang dan pengalaman kerja yang sesuai, harapan kami mereka yang terekrut sudah langsung jadi, hanya tinggal kita poles sedikit sudah bisa running untuk menjalankan tugas-tugas,” tuturnya.

    Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK dengan Computer Assisted Test (CAT) di lingkungan Kementerian PANRB dilaksanakan pada 17, 20, dan 25 Maret 2023. Sementara Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan akan dilaksanakan pada tanggal 28-30 Maret 2023.

    Masyarakat dan peserta dapat terus memantau perkembangan seleksi PPPK di lingkungan Kementerian PANRB dengan mengakses laman menpan.go.id. Informasi teranyar seputar rekrutmen juga bisa dilihat di media sosial resmi Kementerian PANRB.


    Berita Terkait

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    Pemerintah Tetapkan Ramadan 12 Maret 2024, Menag: Junjung Tinggi Toleransi

    Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1445 H jatuh pada Selasa tanggal 12 Maret 2024. Selengkapnya

    Pemerintah Jadikan IPDN Kampus Pencetak Birokrat Berwawasan Digital

    IPDN memainkan peran vital sebagai pencetak birokrat berwawasan digital yang menguasai teknologi. Selengkapnya

    Pemerintah Optimis Transformasi Digital Jangkau Hingga Pelosok Desa

    Selama ini layanan di Desa masih terpisah-pisah sehingga masyarakat belum sepenuhnya medapat kemudahan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA