FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 03-2023

    792

    Bangun Ekonomi Nasional, Wapres Dorong Pengembangan Inovasi Produk Halal Berbasis Maritim

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Lombok Utara, Kominfo - Wakil Presiden K. H. Ma’ruf Amin mendukung pembangunan Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga sebagai Fasilitas Riset dan Inovasi Produk Halal Berbasis Maritim Nasional. Menurutnya,  fasilitas tersebut, karena menjadi langkah strategis pembangunan ekonomi nasional.

    “Memajukan industri halal nasional berbasis kekayaan sumber daya maritim atau hasil laut menjadi langkah strategis pembangunan ekonomi nasional. Saya harapkan terus bermunculan produk-produk halal baru berbasis sumber daya maritim unggulan, yang akan memberikan nilai tambah bagi produk halal nasional,” jelasnya di Dusun Teluk Kodek, Desa Malaka, Kec. Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Kamis (16/03/2023).

    Dalam acara yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tersebut , Wapres menekankan, potensi kemaritiman Indonesia yang luar biasa ini perlu terus dioptimalkan melalui hilirisasi industri untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

    “Untuk itu, perlu dilakukan hilirisasi industri pada sektor kelautan dan perikanan, dan memasifkan tren ekonomi biru,” imbau Wapres.

    Di sisi lain, Wapres mengharapkan produk halal berbasis maritim tidak hanya mencakup pasar nasional, tetapi juga dapat menjangkau pasar global.

    “Saya berharap produk-produk halal tersebut dapat menjangkau pasar yang semakin luas, baik di tingkat nasional maupun global. Agar masyarakat kita, utamanya masyarakat pesisir semakin sejahtera,” harap Wapres.

    Wapres juga berharap Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga ini dapat dikembangkan sebagai upaya optimalisasi potensi sumber daya laut Indonesia.

    “Pembangunan Fasilitas Riset dan Inovasi Produk Halal Berbasis Maritim oleh BRIN saya harapkan akan menopang tercapainya tujuan tersebut, sebagai sebuah upaya strategis mengoptimalisasi potensi sumber daya maritim dan kelautan Indonesia demi wujudkan Indonesia Emas sekaligus Pusat Halal Dunia,” kata Wapres optimis.

    Mengakhiri sambutannya, tidak lupa Wapres memberikan apresiasi kepada BRIN sebagai institusi yang terus berinovasi dalam menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi masyarakat.

    “Saya menyampaikan apresiasi kepada BRIN. Semoga pusat riset ini dapat terus berkembang dan menciptakan hasil riset yang dapat diimplementasikan dalam menumbuhkan ekonomi halal dan ekonomi biru,” ucap Wapres.

    “Serta menjadi ikhtiar yang akan membawa maslahat bagi dunia usaha, masyarakat maritim Nusantara, UMKM, dan negara,” tegasnya.

    Sebelumnya, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyampaikan optimisme BRIN dalam pengembangan industri produk halal berbasis maritim nasional bekerja sama dengan periset andal yang ada di tanah air.

    “Tentu kami berharap ini tidak akan menjadi pusat produk halal di Indonesia tapi juga internasional,” ungkap Tri Handoko.

    “Kami yakin bahwa dengan bantuan teman-teman periset kami yang ada di sini, kita bisa merealisasikan itu dalam waktu tidak terlalu lama,” sambungnya.

    Hadir dalam acara ini, Gubernur NTB Zulkifliemansyah dan Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid.

    Sementara Wapres didampingi, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, Robikin Emhas, dan Zumrotul Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja dan Farhat Brachma. 

     

    Berita Terkait

    Perkuat Sistem Logistik di Indonesia, Wapres Dorong Cari Model Terbaik

    Wapres menyampaikan, riset ini sangat krusial diinisiasi oleh pelaku usaha sebagai pihak yang paling memahami kondisi di lapangan. Selengkapnya

    Apresiasi Capaian BPKH, Wapres Ingatkan Fokus Peningkatan Investasi

    Dana kelolaan BPKH dinilai cukup besar, dana tersebut harus dikelola dengan sebaik-baiknya karena setiap tahun dana tersebut digunakan untuk Selengkapnya

    Presiden: Songsong Ekonomi Nasional 2024 dengan Optimisme

    Di samping itu, Kepala Negara juga optimistis pertumbuhan ekonomi pada tahun 2024 masih berada di kisaran lima persen. Selengkapnya

    Jaga Ketahanan Perekonomian Nasional, Pemerintah Ajak Mahasiswa Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital

    Para mahasiswa sebagai generasi muda bangsa dan ujung tombak perubahan, memiliki potensi untuk mengubah wajah ekonomi Indonesia lebih baik k Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA