FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 03-2023

    1035

    Perkuat Ekosistem Industri Periklanan Tanah Air, Pemerintah Jalin MoU dengan P3I

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Jakarta Pusat, Kominfo - Pemerintah sepakat bekerja sama dengan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) dalam upaya penguatan program pengembangan usaha industri periklanan di Indonesia.

    Penandatanganan kerja sama dilakukan antara Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Neil El Himam, dengan Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia, Janoe Arijanto. Salah satu program yang akan dijalankan nantinya adalah "Inkubasi Adv Camp 4.0". 

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat acara penandatangan MoU antara Kemenparekraf/Baparekraf dengan P3I yang berlangsung di kegiatan "Weekly Brief With Sandi Uno" di Jakarta, Senin (13/03/2023), mengatakan, periklanan di media online kini menjadi fenomena bisnis modern seiring dengan tumbuh pesatnya e-commerce di era ekonomi digital. 

    "Penetrasi media sosial yang begitu tinggi juga memberikan peluang bagi produsen untuk mempromosikan produk dan jasa melalui media sosial. Media TV dan digital menjadi dua media penyumbang angka belanja iklan terbesar di Indonesia," ujarnya.

    Menurut Menteri Sandiaga, Kemenparekraf bersama P3I sepakat bekerja sama untuk penguatan program pengembangan usaha industri periklanan di Indonesia yang salah satunya akan diwujudkan lewat program "Inkubasi Adv Camp 4.0".

    "Melalui program Inkubasi Adv Camp 4.0 diharapkan dapat menjembatani talent gap antara kondisi talenta saat ini dengan kebutuhan industri periklanan. Link and match antara kebutuhan dengan supply yang kita miliki. Potensi ini kalau semakin banyak ekosistemnya dari talenta kita, akan semakin banyak manfaatnya bagi pembukaan peluang usaha dan lapangan kerja. Jangan sampai 'kue' yang bisa dinikmati para pelaku usaha dan talenta lokal dan lapangan kerja ini tidak bisa dimanfaatkan dengan optimal," tuturnya.

    Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia, Janoe Arijanto, mengatakan, program ini nantinya akan berlangsung selama lima bulan dengan menargetkan pelaku industri periklanan, serta peserta anak-anak muda yang telah lulus atau baru akan lulus kuliah berjumlah sekitar seribu orang.

    "Nantinya peserta terpilih akan diikutkan dalam bootcamp dan yang terbaik akan difasilitasi untuk membuat (usaha) advertising baru bahkan dibuatkan badan usahanya," katanya.

    Ketua P3I berharap melalui program ini akan meningkatkan tumbuhnya perusahan periklanan lokal di daerah. 

    "'Kue' iklan di Indonesia itu besar, Rp273 triliun gross. Mereka (perusahaan iklan lokal) yang nantinya diharapkan dapat menggerakkan branding di lokal, sosial manajemen di lokal, sistem media manajemen, kemudian membantu UMKM-UMKM untuk mengkomunikasikan produknya bukan hanya secara offline tapi juga di sisi e-commerce," ungkapnya.

    Deputi Bidang Produk Kreatif dan Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam, menjelaskan, program ini akan dilaksanakan di daerah Joglosemar (Jogja, Solo, dan Semarang) sebagai pilot project untuk nantinya dikembangkan ke berbagai daerah tanah air. 

    "Harapannya nanti memang akan tumbuh usaha-usaha baru terutama yang berbasis milenial. Saat ini terjadi pergeseran termasuk dari sisi konten juga dan medianya yang tidak lagi hanya bertumpu pada media yang konvensional tapi juga digital dan media medial. Ini tentunya membutuhkan pengetahuan dan skill untuk bagaimana meningkatkan kemampuan dalam beriklan," kata Neil. 

    Sementara Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti, menambahkan, untuk tahap awal akan dilakukan pelatihan bagi para trainer (training of trainer) yang akan memberikan pelatihan, kemudian dilanjutkan oleh Curriculum Induction, Bootcamp, dan Simulasi Project

    Dalam program ini Kemenparekraf/Baparekraf juga bekerja sama dengan sejumlah universitas, yakni Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran”, Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Amikom Yogyakarta, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)

    Berita Terkait

    Dukung Pemanfaatan AI di Pemerintahan, Keamanan Jadi Prioritas

    Kejahatan masa depan yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) membawa tantangan yang semakin kompleks. Ancaman seperti penyebaran Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Potensi Demografi dan Tantangan Indonesia

    Menurut Presiden, Indonesia memiliki kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik karena 68 persen penduduknya berada dalam rentang usia p Selengkapnya

    Indonesia Jajaki Peningkatan Kerja Sama Transformasi Digital dengan Australia

    Menteri Anas juga mengusulkan dua hal yang dapat ditempuh sebagai penguatan kolaborasi Indonesia-Australia. Selengkapnya

    Integrasikan Layanan Digital, Pemerintah Kebut Digital ID dan Government Cloud

    Kementerian Kominfo juga diminta untuk segera menyelesaikan kebijakan Government Cloud yang memperluas ekosistem Pusat Data Nasional. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA