FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 03-2023

    1984

    Buka Peluang Kerja bagi Lulusan Baru PT, Kominfo Siapkan DTS-FGA 2023

    SIARAN PERS NO. 32/HM/KOMINFO/03/2023
    Kategori Siaran Pers
    Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto dalam Pembukaan Fresh Graduate Academy Batch I Tahun 2023 yang berlangsung secara hibrida dari Bekasi, Jawa Barat, Senin (06/03/2023). - (Pey)

    Siaran Pers No. 32/HM/KOMINFO/03/2023

    Senin, 6 Maret 202

    tentang

    Buka Peluang Kerja bagi Lulusan Baru PT, Kominfo Siapkan DTS-FGA 2023 

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan pelatihan Fresh Graduate Academy (FGA) sebagai bagian dari Program Digital Talent Scholarship (DTS) Tahun 2023 untuk membuka peluang kerja bagi lulusan baru perguruan tinggi.

    Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Hary Budiarto menyatakan peserta pelatihan terpilih akan berpeluang mengikuti sertifikasi global dan memanfaarkan platform penyaluran kerja dan pemagangan diploy.id. 

    “Lulusan pelatihan bisa mendapatkan pekerjaan atau dihubungkan ke industri. Khususnya untuk FGA juga akan disalurkan pemagangan kerja.  Jadi, kesempatan yang paling bagus adalah magang dan akan dipilih sesuai dengan kasus-kasus yang ada di para mitra kita,” jelasnya dalam Pembukaan Fresh Graduate Academy Batch I Tahun 2023 yang berlangsung secara hibrida dari Bekasi, Jawa Barat, Senin (06/03/2023).

    Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo menjelaskan FGA Batch I ditujukan bagi mahasiswa atau yang telah lulus dari perguruan tinggi diberikan pelatihan intensif mengenai tema teknologi cloud, Metaverse, dan User Interface/User Experience.

    “Jadi tiga tema ini yang kita angkat bekerja sama dengan beberapa vendor yang memiliki instruktur bersertifikat untuk tiga tema tersebut yaitu mitra AWS, Progate dan Train4Best,” ujarnya 

    Menurut Kabalitbang Hary Budiarto pelibatan mitra edukasi merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan peserta agar bisa berbagi pengalaman mengenai aplikasi di setiap sektor lewat permagangan.

    “Mitra yang berbisnis di bidang cloud akan banyak mengelola dan menyediakan layanan untuk industri teknologi, kebutuhan di sektor pariwisata, transportasi dan lain sebagainya. Sehingga dengan adanya magang itu peserta bisa punya pengalaman, jadi ini kesempatan yang paling berharga,” jelasnya.

    Tahun ini, Kementerian Kominfo menargetkan peserta DTS sebanyak 50 ribu peserta. Namun, jumlah itu bisa menjadi 100 ribu peserta karena adanya kerja sama dengan berbagai instansi.

    “Sehingga target secara keseluruhan mencapai 100 ribu. Tahun 2023, pelatihan FGA diselenggarakan dalam beberapa batch dengan menargetkan ribuan peserta,” ujarnya. 

    Dalam pembukaan pelatihan FGA Batch I 2023, turut hadir Kepala Pusbang Proserti Badan Litbang SDM Kominfo, Hedi M. Idris; Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Astri Kusuma Mayasari; Program Manager Education to Workforce AWS, Boy Wicaksono; Country Manager Progate, Norman Ganto; dan President CEO Train4Best, Sinta Novananaa.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 289/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

    Pemerintah membuka masukan dan saran dari negara-negara yang sudah lebih dulu mengaplikasikan teknologi 5G. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 288/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Jajaki RAM, Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

    Menteri Budi Arie menyatakan Indonesia menggunakan pendekatan horizontal dan vertikal untuk menyusun regulasi yang berkaitan dengan teknolog Selengkapnya

    Siaran Pers No. 287/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kominfo Dorong Pemanfaatan Teknologi AI secara Etis

    Kehadiran pedoman etika menjadi acuan untuk mengurangi risiko pemanfaatan teknologi AI untuk sektor komunikasi publik. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 286/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menkominfo Dorong Pelaku Komunikasi Publik Adopsi Teknologi AI

    Menkominfo mengingatkan pelaku komunikasi publik untuk memiliki strategi dalam beradaptasi dengan teknologi AI. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA