Kominfo: Nation Branding Indonesia Meningkat Pasca-Keketuaan ASEAN 2023
Nation branding Indonesia naik delapan poin sehingga membuat Indonesia menempati posisi 60-an dari 100 negara. Selengkapnya
Depok, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) seluruh Indonesia, untuk melakukan sosialisasi atau komunikasi publik Keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023.
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan kerja sama itu akan diwadahi dalam Forum Diseminasi Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023.
“Kegiatan itu diharapkan dapat menjadi langkah koordinasi lebih lanjut antarpemangku kepentingan, dalam hal itu Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat dan Dinas Komunikasi dan Informatika seluruh Indonesia, dalam membahas optimalisasi sosialisasi dan diseminasi informasi tentang Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023,” ujarnya dalam Forum Diseminasi Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023 di Depok, Jawa Barat, Jumat (03/03/2023).
Menurut Dirjen Usman Kansong, Forum Diseminasi Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023 adalah wujud tanggung jawab Kementerian kominfo, melalui Ditjen IKP, sebagai humas pemerintah dalam mengoordinasikan hingga melaksanakan komunikasi publik terkait program nasional.
Dalam hal itu, peserta Forum yang hadir diberikan segala informasi terkait keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 beserta strategi pengelolaan komunikasi publiknya agar bisa disosialisasikan dan dipromosikan ke masyarakat luas.
“Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2015 tentang Pengelolaan Informasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menjalankan peran sebagai humas pemerintah yang bertanggung jawab mengoordinasikan perencanaan, penyiapan dan pelaksanaan komunikasi publik terkait dengan kebijakan dan program pemerintah,” jelasnya.
Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengatakan, berbagai pengelolaan komunikasi publik terkait ASEAN itu ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan (awareness), memunculkan rasa kepemilikan, serta mendorong partisipasi aktif dari masyarakat.
Peran aktif dan dukungan masyarakat dinilai sangat menentukan suksesnya penyelenggaraan rangkaian acara Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 yang akan dilakukan sepanjang tahun ini.
“Pemahaman masyarakat akan urgensi dan manfaat keketuaan Indonesia di ASEAN serta penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 di Indonesia tentu akan membawa suasana positif dan kondusif yang akan mendukung terlaksananya agenda tersebut,” tandasnya.
Acara itu dihadiri Direktur Informasi dan Media, Kementerian Luar Negeri, Hartyo Harkomoyo; Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Gunawan; dan Managing Director Seqara Communications, Niken Widi Hapsari.
Nation branding Indonesia naik delapan poin sehingga membuat Indonesia menempati posisi 60-an dari 100 negara. Selengkapnya
Acara digelar di halaman parkir Kantor Kementerian Kominfo itu akan berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 12 hingga 14 April 2023 Selengkapnya
Agar terbangun kesamaan persepsi dalam penanganan ataupun penindakan terhadap penggunaan alat/perangkat telekomunikasi. Selengkapnya
Program DLA menargetkan seluruh pimpinan pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perusahaan swasta ( Selengkapnya