FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 03-2023

    421

    Dorong Mahasiswa Perkuat Kolaborasi Kembangkan Sektor Parekraf Sulsel

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Makassar, Kominfo - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong agar mahasiswa Politeknik Negeri Pariwisata Makassar, Sulawesi Selatan, untuk memperkuat kolaborasi dengan pihak-pihak terkait dalam upaya mengembangkan dan memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Selatan.

    Menparekraf Sandiaga mengatakan dalam menghadirkan pariwisata yang sejuk, aman, nyaman, dan menyenangkan diperlukan kolaborasi berbagai pihak dan Poltekpar Makassar yang terfokus pada pendidikan vokasi di sektor parekraf adalah salah satu pihak yang berperan penting dalam mewujudkan hal tersebut. Terutama dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia di desa-desa wisata.

    "Pak Menko PMK (Muhadjir Effendy) menyampaikan bahwa pendidikan kita ke depannya akan berbasis vokasi, karena kenapa? Pendidikan ini sangat cocok untuk pengembangan industrialisasi dan hilirisasi kita. Bagaimana kalian semua keluar dari pendidikan vokasi ini bisa mendapatkan lapangan kerja dan bisa menjadi pengusaha dan membuka lapangan kerja," katanya dalam Studium Generale bertemakan "Membangun Pariwisata Berkelanjutan Melalui Kolaborasi" di Auditorium Soesilo Soedarman, Poltekpar Makassar, Jumat (03/03/2023). 

    Selain meningkatkan kualitas SDM, Sandiaga juga mendorong agar mahasiswa Poltekpar Makassar bisa memperkuat pariwisata berbasis komunitas dan kelembagaan. Sandiaga juga menginginkan agar Poltekpar Makassar selalu mencetak SDM yang berkualitas dan tersertifikasi.

    Hal ini bertujuan untuk mencapai target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024 dan menciptakan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas serta berkelanjutan.

    "Ini harus kita lakukan dalam bentuk kolaborasi dan kita harus melakukan upskilling, reskilling, dan newskilling," ungkap Sandiaga.

    Kuliah umum ini juga dihadiri oleh kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf, Faisal; dan Direktur Poltekpar Makassar, M. Arifin.

     

    Berita Terkait

    BMKG Dorong Langkah Kolaboratif Atasi Perubahan Iklim di World Water Forum 2024

    Data dan informasi yang diberikan BMKG diharapkan berdampak tidak hanya dalam sebuah kebijakan namun juga pemahaman bagi seluruh masyarakat Selengkapnya

    Indonesia Jajaki Peningkatan Kerja Sama Transformasi Digital dengan Australia

    Menteri Anas juga mengusulkan dua hal yang dapat ditempuh sebagai penguatan kolaborasi Indonesia-Australia. Selengkapnya

    Upaya Pemerintah Kembangkan Parekraf Berkelanjutan di IKN

    Menparekraf menjelaskan berbagai upaya dilakukan dalam mendukung pengembangan parekraf berkelanjutan. Selengkapnya

    Pemerintah Percepat Digitalisasi Sembilan Layanan Publik Prioritas

    Banyaknya jumlah aplikasi keimigrasian atau milik Kementerian Hukum dan HAM harus bisa dijadikan satu dalam portal. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA