FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 03-2023

    1735

    Kominfo Dukung Inisiatif Kolaborasi Metaverse Indonesia

    SIARAN PERS NO. 29/HM/KOMINFO/03/2023
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 29/HM/KOMINFO/03/2023

    Kamis, 2 Maret 202

    tentang

    Kominfo Dukung Inisiatif Kolaborasi Metaverse Indonesia 

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung Indonesia Metaverse Collaboration Initiative dan Metaverse Research & Experience Center (MREC) di Kawasan Kampus Universitas Telkom Bandung, Jawa Barat. 

    Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Denny Setiawan menyatakan hal itu akan menjadi bagian penting dalam percepatan transformasi digital nasional.

    “Kami sangat mendukung inisiasi ini, karena akan mempercepat dan memperkaya portofolio dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia,” ujarnya saat peluncuran MREC dalam rangkaian acara Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Spanyol, Rabu (01/03/2023) waktu setempat.

    Peluncuran MREC merupakan langkah maju yang signifikan bagi ekonomi digital Indonesia, seiring dengan upaya negara untuk memanfaatkan peluang ketertarikan global yang terus meningkat terhadap teknologi metaverse. 

     “Hal Ini memungkinkan tidak hanya di Telkom University tetapi juga untuk berkontribusi pada pengembangan metaverse dan menjadi yang terdepan dalam inovasi dunia digital di Indonesia,” harap Direktur Denny Setiawan. 

    Menurut Rektor Universitas Telkom, Adiwijaya, dengan adanya pusat penelitian baru ini, Indonesia berada di posisi yang tepat untuk menjadi pemeran utama dalam pengembangan metaverse untuk mendukung pertumbuhan dan kesuksesan industri yang sedang berkembang.

    "Inisiatif terobosan ini tidak hanya bermanfaat bagi universitas tetapi juga masyarakat luas. Kami berharap dapat bekerja sama dengan mitra kami di bidang akademisi, industri, dan pemerintah untuk membangun ekosistem metaverse yang lebih dinamis dan inklusif di Indonesia,” ungkapnya.

    Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol, Muhammad Najib mengapresiasi inisiatif itu dan mengharapkan bisa meningkatkan nilai investasi di Indonesia.

    “Inisiasi ini sejalan dengan visi Nasional Presiden Jokowi untuk mendorong ekonomi digital sebagai pilar penting untuk membantu Indonesia mencapai 10 ekonomi global teratas pada tahun 2030. Kami senang dapat memfasilitasi rencana investasi di Indonesia pada bidang metaverse,” jelasnya, 

    MREC adalah sebuah public-private partnership yang bertujuan untuk mempromosikan kolaborasi, penelitian, inovasi, dan pengembangan di bidang teknologi metaverse.  Metaverse Research and Experience Center (MREC) berada di jantung kawasan Kampus Universitas Telkom. Fasilitas itu akan menjadi pusat penelitian dan pengembangan, kolaborasi industri, dan capacity building di bidang teknologi metaverse. MREC menyediakan fasilitas dan peralatan untuk mendukung kolaborasi dan jejaring di antara para akademisi, peneliti, penyedia layanan konektivitas, aliansi industri, dan pembuat kebijakan. 

    Acara peluncuran ini dihadiri oleh delegasi dari berbagai perusahaan terkemuka antara lain GSMA, Telkom Group, Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, XL AXIATA, Alita, Techbros, META and Telecom Infra Project (TIP). 

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 276/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Kolaborasi TBI Susun Regulasi AI

    Penyusunan regulasi mengenai AI memerlukan pertimbangan aspek fundamental unhtuk meminimalkan risiko pemanfaatan teknologi yang makin banyak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Uji Coba Konektivitas Digital IKN, Kominfo Apresiasi Dukungan TBI

    TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamana data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 274/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Terima Tony Blair, Menkominfo Bahas Kerja Sama Percepatan Transformasi Digital

    Menkominfo mengharapkan kolaborasi dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) akan terus berlanjut dalam mengimplementasikan Sistem Selengkapnya

    Siaran Pers No. 273/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Akselerasi Ekonomi Digital, Menkominfo Jajaki Peluang Kerja Sama Joint Lab

    Menurut Menkominfo, pembentukan Joint Lab diarahkan untuk akselerasi penerapan teknologi pada sistem pembayaran layanan keuangan, khususnya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA