FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 03-2023

    1121

    Penguatan Ekosistem Digital, Pemerintah Tingkatkan Kualitas SDM

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Jakarta Pusat, Kominfo -  Presiden Joko Widodo pun menegaskan pada KTT G20, ekonomi digital adalah kunci masa depan perekonomian dunia dan menjadi pilar ketahanan di masa pandemi dengan kontribusi 15,5 persen dari PDB global. Ekonomi digital juga terbukti berhasil membuka peluang bagi masyarakat kecil agar bisa menjadi bagian dari rantai pasok global. 

    “Oleh karena itu, penguatan ekosistem digital Indonesia perlu kita dorong bersama-sama terutama dari segi peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia. Hari ini kita masih butuh lebih banyak lagi tenaga kerja di industri digital yang kompetitif,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo dalam acara Indonesia Website Awards & Web Developer Talk 2023, dari Jakarta Pusat, Rabu (01/03/2023). 

    Wamenparekraf menegaskan bahwa kuantitas dan kualitas sumberdaya manusia yang bergerak dalam industri digital harus ditingkatkan.

    "Ekonomi digital Indonesia diproyeksikan tumbuh 20 persen dari tahun 2021 menjadi USD146 Miliar pada tahun 2025. Angka ini juga diprediksi akan terus tumbuh hingga USD330 Miliar pada tahun 2030," tandasnya.

    Wamenparekraf juga mendorong agar pelaku industri digital dibekali kemampuan problem solving dan memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi. 

    “Perlu mendorong kemampuan teknis yang disertai dengan problem solving skill dan rasa kemanusiaan yang tinggi sehingga dalam pengembangan teknologi kedepannya, selain ada nilai ekonomi, ada value added bagi kemajuan negara dan kesejahteraan masyarakat,” kata Wamenparekraf.

    Pada kesempatan ini, Wamenparekraf juga memberikan selamat kepada Exabytes Indonesia atas terselenggaranya “Indonesia Website Awards & Web Developer Talk 2023”,  sebuah event yang diharapkan bisa menjadi wadah untuk mendapatkan insight dan networking dari para expert.

    Berita Terkait

    Pemerintah Dukung Pembentukan Ekosistem Startup di Kawasan IKN

    Untuk memperkuat digitalisasi yang menjadi bagian penting dari ekosistem startup, Kemenparekraf telah mempersiapkan berbagai program yang di Selengkapnya

    Indonesia Jajaki Peningkatan Kerja Sama Transformasi Digital dengan Australia

    Menteri Anas juga mengusulkan dua hal yang dapat ditempuh sebagai penguatan kolaborasi Indonesia-Australia. Selengkapnya

    Lewat PP No. 14/2024, Pemerintah Berikan THR dan Gaji ke-13 bagi ASN

    Pemberian THR dan gaji ke-13 ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada seluruh aparatur negara yang telah, sedang, dan ke depan akan te Selengkapnya

    Wapres Paparkan Tiga Langkah Strategis Kembangkan Ekosistem Rantai Nilai Halal

    Selain dukungan multipihak, diperlukan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan ekosistem tersebut. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA