FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 03-2023

    5454

    Kembangkan Ekonomi Digital, Indonesia Butuh Talenta Digital Berkualitas

    SIARAN PERS NO. 28/HM/KOMINFO/03/2023
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 28/HM/KOMINFO/03/2023

    Rabu, 1 Maret 202

    tentang

    Kembangkan Ekonomi Digital, Indonesia Butuh Talenta Digital Berkualitas 

    Ekonomi digital Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Laporan We Are Social menunjukkan dari 77% populasi Indonesia menjadi pengguna internet aktif atau  mencapai 212,9 juta orang pada Januari 2023. Pada tahun 2022, Google Temasek dan Bain & Co. melaporkan kontribusi sektor e-commerce Indonesia sebesar USD59 Miliar atau setara  76% terhadap nilai ekonomi digital Indonesia. Bahkan diproyeksikan mencapai USD 130 Miliar di tahun 2025. 

    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel A. Pangerapan menyatakan guna mewujudkan potensi ekonomi digital, diperlukan talenta digital yang memadai dari aspek jumlah dan kompetensi.

    “Termasuk web developer dan web designer yang berkualitas untuk merancang website informatif, intuitif, dan user-friendly sebagai penghubung antara pengguna dan pemberi jasa layanan digital,” ujarnya dalam  acara Indonesia Website Awards dan Web Developer Talk 2023 secara virtual, dari Jakarta Pusat, Rabu (01/03/2023).

    Berkaitan dengan pengembangan ekonomi digital, Dirjen Semuel mengharapkan ajang penghargaan dan forum itu dapat meningkatkan kesadaran akan arti penting web developer dan web designer berkualitas, 

    “Khususnya untuk menyajikan dan mempromosikan sektor UKM Indonesia. Dan mampu mampu meningkatkan pemahaman masyarakat terkait perkembangan website terkin, tren website, hingga strategi pengembangan website demi memaksimalkan engagement layanannya,” ungkapnya.

    Kementerian Kominfo mengapresiasi acara Indonesia Website Awards dan Web Developer Talk 2023 yang memberikan kontribusi dalam melakukan percepatan transformasi digital nasional. 

    “Mewakili Menkominfo Johnny G. Plate, saya ingin menyampaikan permohonan maaf karena beliau tidak dapat hadir pada kesempatan kali ini. Namun, semangat beliau dalam mendukung perkembangan transformasi digital nasional akan terus bersama kita,” tutur Dirjen Aptika Kementerian Kominfo.

    Dirjen Semuel memberikan ucapan selamat kepada para pemenang pada Ajang Indonesia Website Awards 2023 untuk tiga kategori, yaitu UKM, Personal-Komersial, dan E-commerce.  

    “Selamat untuk penerima penghargaan, teruslah berinovasi dalam membantu pengembangan ekosistem digital nasional dan menjadi inspirasi bagi lainnya. Semoga Tuhan YME senantiasa menyertai langkah kita bersama dalam memajukan Indonesia. Indonesia Terkoneksi, Makin Digital, Makin Maju,” ungkapnya.

    Indonesia Website Awards merupakan ajang penghargaan bagi pengelola website dan web developer. Salah satu rangkaian acara dalam penghargaan itu Web Developer Talk yang menjadi wahana diskusi untuk mendapatkan insight terkini mengenai tren dan strategi pengembangan website.

    Hadir dalam acara Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Herliani Tanoesoedibjo; Country Manager Exabytes, Indra Hartawan; Founder & CEO Sliva Technology Indonesia, Evans Moris Cheahn; Country Manager Exabytes Indonesia, Alfian Tinangon; Azure GTM Lead Microsoft Indonesia, Fiki Setiyono; UI/UX Designer Smartfren Indonesia, Caesario Iga Alkowi; Backend Developer IBM Indonesia, Ryan Kristo Muljono; serta Group CTO Venteny Indonesia, Widianty.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 276/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Kolaborasi TBI Susun Regulasi AI

    Penyusunan regulasi mengenai AI memerlukan pertimbangan aspek fundamental unhtuk meminimalkan risiko pemanfaatan teknologi yang makin banyak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Uji Coba Konektivitas Digital IKN, Kominfo Apresiasi Dukungan TBI

    TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamana data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 274/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Terima Tony Blair, Menkominfo Bahas Kerja Sama Percepatan Transformasi Digital

    Menkominfo mengharapkan kolaborasi dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) akan terus berlanjut dalam mengimplementasikan Sistem Selengkapnya

    Siaran Pers No. 273/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Akselerasi Ekonomi Digital, Menkominfo Jajaki Peluang Kerja Sama Joint Lab

    Menurut Menkominfo, pembentukan Joint Lab diarahkan untuk akselerasi penerapan teknologi pada sistem pembayaran layanan keuangan, khususnya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA