FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 02-2023

    620

    Wapres Harapkan Penguatan Sinergi Tingkatkan Investasi di Indonesia

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Jakarta Pusat, Kominfo – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk RI Y.M. Faisal Abdullah H. Amodi, di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No.2, Jakarta Pusat, Senin (27/02/2023). Mengawali pertemuan, Wapres menyambut baik penugasan Dubes Faisal Amodi di Indonesia.

    “Saya ucapkan selamat atas penugasan Bapak sebagai Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia,” ucapnya.

    Menurut Wapres, Indonesia dan Arab Saudi adalah sahabat dekat. Arab Saudi adalah mitra dagang terbesar Indonesia di Timur Tengah, Perdagangan kedua negara naik 35,3% di tahun 2022, mencapai 7,51 miliar dolar AS.

    Namun, Wapres mencermati, investasi Saudi di negara ini cenderung menurun dalam tiga tahun terakhir.

    “Saya mencatat investasi Saudi di Indonesia cenderung menurun selama tiga tahun terakhir, dari 5,3 juta dolar AS di 2020 menjadi 1,7 juta AS di 2022. Saya harap kita bisa lakukan upaya-upaya untuk meningkatkan investasi Saudi di Indonesia,” ungkap Wapres.

    Lebih jauh Wapres mendorong kemitraan antara Bisnis ke Bisnis (B to B) dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia, khususnya di sektor infrastruktur, fasilitas publik, dan energi terbarukan.

    Untuk itu, Wapres menekankan, perlunya penguatan sinergi melalui lembaga investasi kedua negara.

    “Saya juga menantikan perkembangan penguatan kolaborasi antara Public Investment Fund Saudi dengan Indonesia Investment Authority,” harap Wapres.

    “Selain itu, kita juga perlu memastikan realisasi proyek pembangkit listrik tenaga surya di Saguling dan Singkarak. Proyek senilai 104,95 juta dolar ini merupakan tindak lanjut MoU antara PLN dengan ACWA Power tahun lalu,” pungkasnya.

    Menanggapi hal tersebut, Dubes Faisal Amodi menyatakan bahwa ia akan berusaha semaksimal mungkin meningkatkan hubungan kedua negara.

    “Dengan seluruh tenaga yang ada, saya akan berupaya meningkatkan hubungan bilateral Saudi dan Indonesia sesuai kemampuan saya,” ujarnya.

    Terkait dengan peningkatan investasi, Dubes Amodi mengungkapkan bahwa Saudi-RI Indonesia sudah mempunyai komisi yang fokus di sektor tersebut.

    “Komisi ini bisa ditingkatkan perannya di kemudian hari,” tuturnya.

    Lebih lanjut Dubes menekankan bahwa ia akan mengajak para investor meningkatkan investasi di Indonesia. Namun, ia mengingatkan perlunya ekosistem investasi yang baik di negara ini dalam menarik investor. Ia pun meminta Wapres memberikan dukungan yang kuat dalam hal ini.

    “Mohon kiranya dengan dukungan Wapres, diberikan perhatian dan kesempatan yang lebih bagi investor Saudi untuk menanamkan modal di Indonesia. Tanpa dukungan Wapres, ini sulit untuk penanaman modal tersebut,” harapnya.

    Hadir mendampingi Dubes Faisal Amodi, Wakil Dubes Essam Saleh Al-Getale. Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Asisten Staf Khusus Wapres Sholahudin Al-Aiyub, dan Asisten Deputi Hubungan Luar Negeri selaku Interpreter Lukman Hakim Siregar

    Berita Terkait

    Wapres Laksanakan Salat Idulfitri 1445 H di Masjid Istiqlal

    Presiden dan Wapres tampak menunaikan salat Tahiyatul Masjid dan turut mengumandangkan takbir bersama jemaah lainnya. Selengkapnya

    Wapres Harapkan Media Terus Bantu Pemerintah Jaga Kondusivitas Situasi Pascapemilu

    Situasi pasca-Pemilu 2024 relatif lebih sejuk jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu yang diwarnai banyak demonstrasi khususnya saat pela Selengkapnya

    Wapres Sampaikan Tausiah Tentang Hikmah Puasa

    Wapres menyebutkan bahwa hikmah ibadah puasa berikutnya adalah untuk melatih diri menahan hawa nafsu. Sebab, nafsu merupakan salah satu musu Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Potensi Demografi dan Tantangan Indonesia

    Menurut Presiden, Indonesia memiliki kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik karena 68 persen penduduknya berada dalam rentang usia p Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA