FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 02-2023

    527

    Penginapan di Balige Penuh, Pariwisata Menggeliat, Ekonomi Bangkitca

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Balige, Kominfo - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau pelaksanaan event internasional F1PowerBoar Toba yang berlangsung di Danau Toba, Sumatra Utara. Salah satunya, Menparekraf meninjau lokasi public view F1PowerBoat Toba di Bukit Pahoda, Balige. 

    Menteri Sandiaga mengapresiasi antusiasme dan keterlibatan masyarakat dalam mendukung kesuksesan event yang untuk pertama kalinya di Tanah Air ini. 

    "Semangat membangun kampung halaman ini kita hadirkan di Danau Toba karena saat ini perekonomian menggeliat. Pariwisatanya bangkit, lapangan kerja terbuka, dan masyarakat mudah-mudahan sejahtera," ungkapnya di Bukit Pahoda, Balige, Kabupaten Toba, Sabtu (25/02/2023).

    Salah satu bukti dari antusiasme masyarakat tersebut, menurut Menteri Sandiaga, adalah seluruh penginapan di Kota Balige terisi penuh. Mulai dari hotel hingga homestay, bahkan rumah penduduk.

    "Saya berharap ini bisa menjadi akselerasi kebangkitan ekonomi kita sehingga target penciptaan lapangan kerja sebanyak 4,4 juta pada 2024 bisa kita wujudkan, khususnya di destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba," katanya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, Rosti Hutapea, menambahkan, masyarakat sekitar Balige menyambut baik kehadiran wisatawan yang ingin menyaksikan F1PowerBoat. Sebagai upaya menyambut kehadiran para wisatawan, Pemerintah Kabupaten Toba telah menetapkan dan menyosialisasikan standar tarif penginapan di sekitar Balige sebesar Rp 400 ribu.

    "Kita sudah sosialisasikan kepada 1.000 pengelola penginapan, dan kita berikan pelatihan terkait kepariwisataan mulai dari Januari kemarin bekerja sama dengan Kemenparekraf," ujar Rosti.

    Dalam peninjauan ini Sandiaga didampingi oleh Direktur Industri Musik, Seni, Pertunjukan dan Penerbitan Kemenparekraf/Baparekraf, Mohammad Amin; dan Plt. Direktur Poltekpar Medan, Ngatemin.

    Berita Terkait

    UMKM dan Pedagang Jadi Pasar Tulang Punggung Ekonomi Nasional

    Menurut Mendag, digitalisasi sebuah keniscayaan sehingga perdagangan perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Komitmen Pemerintah dalam Pemerataan Pembangunan Melalui Dana Desa

    Presiden menyebut hal tersebut dapat dilihat dari dana desa yang telah tersalurkan untuk membangun desa-desa di seluruh Tanah Air. Selengkapnya

    Jaga Ketahanan Perekonomian Nasional, Pemerintah Ajak Mahasiswa Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital

    Para mahasiswa sebagai generasi muda bangsa dan ujung tombak perubahan, memiliki potensi untuk mengubah wajah ekonomi Indonesia lebih baik k Selengkapnya

    Wapres Paparkan Tiga Langkah Kembangkan Pariwisata Berkearifan Lokal

    Wapres pun mengimbau agar para pihak yang terkait dapat memanfaatkan media sosial dengan baik dalam promosi ini, agar gaung pariwisata Indon Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA