FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 02-2023

    922

    F1 Powerboat Seri Pertama Indonesia, Menko Marves: Semua Sudah Siap

    Kategori Berita Pemerintahan | Yusuf
    Menko Marves uhut B. Pandjaitan, Menkominfo Johnny G. Plate dan Menteri BUMN Erick Tohir saat menyaksikan sesi kualifikasi kejuaraan F1 Powerboat pada Sabtu (25/02/2023). - (AYH)

    Toba, Kominfo - Pada tanggal 24 s.d. 26 Februari 2023, Indonesia menjadi tuan rumah salah satu ajang balap internasional F1 Powerboat (F1 H2O) untuk pertama kali. Ajang balap kapal super cepat di air itu berlangsung di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Provinsi Sumatra Utara.

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menyatakan semua persiapan sebaga tuan rumah telah selesai dilaksanakan.

    "Saya beberapa kali melakukan pengecekan di kawasan Pelabuhan Balige dan Lapangan Sisingamangaraja. Nanti akan ada sesi kualifikasi dari 20 pembalap untuk menentukan urutan start pada esok hari. Untuk persiapan semua juga sudah baik," ungkapnya saat menyaksikan sesi kualifikasi kejuaraan F1 Powerboat pada Sabtu (25/02/2023).

    Kejuaraan dunia kapal super cepat atau F1 Powerboat yang dilaksanakan di DPSP Danau Toba ini menjadi pembuka dari seri 2023. Selama lima tahun ke depan, Indonesia akan menjadi tuan rumah salah satu rangkaian kegiatan F1 Powerboat yang berlangsung di kawasan DPSP Danau Toba. 

    "Dari racing ini, pendiri dari Kejuaraan F1 Powerboat Nicolò Di San Germano sudah kita minta lima tahun ke depan tapi dia mengatakan juga 50 tahun pun tidak apa-apa. Dia merasa puas dan dia melihat Indonesia menjadi organizing committee yang paling baik selama melaksanakan event ini," jelas Menko Luhut.

    Dalam kejuaraan kali ini, Indonesia belum mengirimkan pebalap. Oleh karena itu, Presiden F1H2O Nicolo Di San Germano mengharpakan agar Indonesia mampu mengirimkan pebalap.

    "Nicolò sempat bicara sama saya supaya kita bisa kirimkan tim juga, mungkin 1 - 2 tahun ke depan kita coba siapkan, tetapi kalau untuk jetski, kita coba usahakan," ucap Menko Luhut.

    Menko Luhut juga mengatakan Presiden F1H20 juga akan mengadakan konferensi besar terkait F1 Powerboat yang diikuti 25 sampai 30 negara. "Dan akan dicoba untuk diselenggarakan di Parapat," ujarnya.

    Menurut Menko Marvest, F1 Powerboat diprediksi mampu menghasilkan perputaran uang sebesar Rp300 Miliar dalam seminggu. Oleh karena itu,  Menko Luhut berpesan agar seluruh pihak harus berupaya untuk berkolaborasi, bekerja sama, dan kompak.

    "Tidak ada yang boleh merasa dirinya paling hebat, kita bahu membahu membuat acara ini sukses," tegasnya.

    Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir yang hadir dalam sesi kualifikasi, menyatakan F1 Powerboat juga menjadi magnet bagi tumbuhnya perekonomian di sektor pariwisata dan UMKM untuk DPSP Danau Toba.

    "BUMN selalu support program pemerintah salah satunya tentu di pariwisata dan event olahraga atau musik salah satunya F1 Powerboat ini. Dengan adanya ajang internasional seperti ini, kita bisa memastikan pertumbuhan ekonomi di daerah bisa cepat," tegasnya.

    Menteri Erick mengedepankan pentingnya kolaborasi antar pemerintah pusat dan daerah untuk mampu berkolaborasi bagi pariwisata Indonesia, khususnya untuk Danau Toba. Dengan kolaborasi, maka ekosistem perekonomian di sektor pariwisata dapat berjalan baik.

    Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani Ketua DPR Puan Maharani mengharapkan ajang internasional agar tidak melupakan kebanggaan produk UMKM khas dari daerah. Menurutnya, hadirnya UMKM di sebuah ajang internasional, mampu mengenalkan identitas Indonesia di mata dunia.

    "Kami menyambut baik dengan apa yang sudah dilakukan pemerintah melalui event ini, artinya Indonesia sudah mulai diakui oleh dunia internasional. Kita juga tetap mengedepankan UMKM dan produk lokal di setiap acara internasional, supaya dunia tahu bahwa Indonesia beraneka ragam," ujarnya.

    Pada bulan Oktober 2023 minggu ketiga, di tempat yang sama juga akan diselenggarakan kejuaraan jetski. Ajang tersebut akan berlangsung selama tiga hari.

    Berita Terkait

    Perkuat Sistem Logistik di Indonesia, Wapres Dorong Cari Model Terbaik

    Wapres menyampaikan, riset ini sangat krusial diinisiasi oleh pelaku usaha sebagai pihak yang paling memahami kondisi di lapangan. Selengkapnya

    Wapres Harap Pemimpin Terpilih Membawa Indonesia Lebih Maju dan Sejahtera

    Wapres berharap agar Pemilu ini menghasilkan para pemimpin yang mampu membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan sejahtera. Selengkapnya

    Serahkan Bantuan Program Indonesia Pintar, Presiden: Semua Harus Sekolah

    Guna mewujudkan hal tersebut, Presiden mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk memberikan bantuan dalam bidang pendidikan. Selengkapnya

    Presiden Ajak Talenta Muda Indonesia Jadi Bagian dari Semangat Reformasi Birokrasi

    Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen CASN sebanyak 2,3 juta formasi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA