FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 02-2023

    633

    Presiden F1H20 Apresiasi Upaya Indonesia Siapkan Balapan F1H20

    Kategori Berita Pemerintahan | Yusuf

    Balige, Kominfo - Rangkaian kejuaraan dunia F1 PowerBoat Danau Toba dimulai di Tanah Lapang Sisingamangaraja XII, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (24/02/2023). Presiden F1H2O, Nicolo Di San Germano mengaku terkesan terhadap venue F1 Powerboat tahun ini. 

    “Saya merasa senang F1 PowerBoat tahun 2023 digelar di Danau Toba. Kami senang memulai kembali balapan di sini (Indonesia), di Danau Toba, setelah mimpi buruk pandemi Covid-19. Kami mulai 40 tahun yang lalu di Danau Como (Italia), dan itu dihadirkan untuk pertama kalinya di sana," ujarnya dalam Konferensi Pers di venue F1H2O, Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Jumat (24/02/2023).

    Menurut Nicolo, Danau Toba layak dikenal wisatawan dunia melalui event sport-tourism internasional itu. Apalagi, kejuaraan dunia F1 Powerboat kali ini digelar di Danau Toba yang terpilih menjadi salah satu Daerah Pariwisata Super Priorotas (DPSP) Indonesia. 

    “Danau Toba tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, ini adalah daerah yang terkenal dan ada alasan mengapa kita sekarang berada di Danau Toba, di lokasi yang indah ini. Tentunya, itu mengingatkan kita pada Danau Como," ujarnya.

    Nicolo mengungkapkan, dengan dimulainya event internasional pada tahun ini menjadi penanda pertumbuhan positif F1H2O.

    "Kami akan memiliki liputan televisi terbesar yang pernah ada. Kami akan memiliki pemenang di atas air setelah akhir pekan," ucapnya.

    Nicolo mengapresiasi upaya yang dilakukan Indonesia sebagai tuan rumah dalam menyambut event ini. Oleh karena itu, menurut Nicolo, pemenang sesungguhnya adalah tim penyelenggara Indonesia.

    "Di belakang pemenang, ada tim. Tapi, tim pemenang sesungguhnya itu adalah tim penyelenggara di Indonesia. Apa yang sudah Indonesia lakukan menunjukkan potensi kerja tim dan potensi yang luar biasa. Jadi, pemenang nantinya pada akhir pekan ini adalah tim penyelenggara lokal," ungkapnya.

    Presiden F1H2O mengapresiasi Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah dan penyelengara yang sukses melakukan persiapan, hingga pelaksanaan. Bahkan, Nicolo terkesan dengan keramahan dan antusiasme warga lokal dalam menyambut kejuaraan ini.

    “Cara kalian menyambut kami, membuat kami serasa di rumah pada saat pertama kami sampai di Indonesia. Apa yang kalian lakukan benar benar sangat baik dan saya tahu semua peserta sangat terkesan dengan masyarakat," ujarnya.

    Presiden F1H2O itu menjelaskan alasan menunjuk Danau Toba sebagai tuan rumah pembukaan F1 PowerBoat 2023 ini, karena kagum dengan keindahan alam danau vulkanik yang memang patut diketahui bayak orang.

    Selain itu, Danau Toba juga memberikan pengalaman perdana race bagi pembalap F1H2O menjajal air tawar di danau besar ini. Menurut Nicolo Di San Germano, selama perlombaan perahu balap ini berlangsung di laut, sehingga kali ini memberikan pengalaman terbaru di ajang F1 PowerBoat.

    “Potensi Danau Toba sangat luar biasa dan saya yakin jika kami akan kembali lagi untuk menikmati Danau Toba selama beberapa tahun ke depan," imbuhnya.

    Event F1H2O akan berlangsung hingga Minggu (26/02/2023). Kegiatan di hari pertama ajang olahraga air tingkat dunia tersebut diawali dengan sesi practice days atau latihan bebas. Sabtu (25/02/2023), acara akan dilanjutkan dengan babak kualifikasi. Sementara pada hari terakhir pelaksanaan, diisi dengan agenda balapan utama dan kegiatan lainnya.

    Dalam sesi Latihan bebas, para pembalap perahu motor super cepat itu melakukan latihan atau uji coba lintasan balapan. Tujuannya, agar para pembalap F1H2O mengenal sirkuit balapan air di Danau Toba sehingga siap bertanding nantinya.

    Berita Terkait

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    Presiden dan Anggota Kabinet Indonesia Maju Sampaikan SPT Pajak di Istana Negara

    Batas akhir penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2023 adalah tanggal 31 Maret 2024. Selengkapnya

    Presiden Apresiasi Kinerja KPU dalam Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

    Sebelumnya, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang ditetapkan dalam Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitung Selengkapnya

    Presiden Hadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2024

    Kepala Negara menyampaikan apresiasi terhadap seluruh insan pers di Tanah Air yang telah konsisten menemani masyarakat Indonesia dalam kehid Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA