FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 02-2023

    1155

    Jadi Tuan Rumah F1 PowerBoat, Kominfo Siapkan Infrastruktur Komunikasi di Danau Toba

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Balige, Kominfo - Ajang balapan F1 PowerBoat Danau Toba 2023 segera berlangsung dari tanggal 25 s.d. 26 Februari 2023. Sebanyak 20 pebalap dari sepuluh tim yang berasal dari berbagai negara akan bersaing di event internasional yang pertama kali digelar di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioiritas Danau Toba itu. 

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung pelaksanaan F1 Powerboat Danau Toba 2023 dengan menyediakan infrastruktur dan sarana komunikasi, termasuk untuk jurnalis yang melakukan peliputan.

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan penyediaan insfrastruktur dan sarana komunikasi sudah selesai 99%. 

    “Sudah hampir 100%, karena besok sudah mulai. Kita lihat paddock-nya juga sudah siap. Kalau ada kekurangan akan segera diperbaiki dengan cepat,” ungkapnya saat meninjau Venue F1 PowerBoat, di Tanah Lapang Sisingamangaraja XII, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (24/01/2023).

    Menurut Dirjen Usman Kansong  jaringan telekomunikasi seluler 4G/LTE dan 5G yang andal telah tersedia di kawasan Danau Toba, guna mendukung perhelatan F1 PowerBoat.

    “Soal jaringan kan 5G. Saya dengar sendiri Bapak Menteri Koordinator Biidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sudah menghubungi Menkominfo Johnny G. Plate. Saya ada di sebelah Menkominfo waktu itu, beliuay untuk memastikan bahwa jaringan telekomunikasi itu prima," jelasnya.

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo menyatakan, Menkominfo Johnny G. Plate langsung menghubungi Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail untuk mengurus keperluan jaringan telekomunikasi yang dimaksud. 

    “Koordinasi pun langsung dilakukan dengan pihak operator seluler seperti Telkom, XL dan Indosat agar jaringan telekomunikasi bisa maksimal seperti pada gelaran MotoGP di Mandalika,” tuturnya.

    Dengan penyiapan infrastruktur telekomunikasi itu, menruut Dirjen Usman Kansong, pekerja media lokal maupun mancanegara yang hadir bisa meliput gelaran olahraga internasional tersebut dengan nyaman dalam bekerja,

    “Indonesia mendapatkan pujian karena kapasitas internet ini 5G pada saaat MotoGP Mandalika tahun lalu, sehingga mereka cepat sekali ketika mengirim video, gambar dan berita ke kantor atau negara masing-masing. Jadi teman- teman media baik dari dalam dan luar negeri ini bisa mengirimkan berita, gambar dan audio secara cepat," jelasnya.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA