FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 02-2023

    1483

    Menkominfo Ajak Pers Manfaatkan Transformasi Digital sebagai Peluang

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Menkominfo dalam Konvensi Nasional Media Masa "Peluang Pers di Tahun yang Menantang" yang digelar Dewan Pers dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (08/02/2023). - (AYH)

    Medan, Kominfo – Pers atau media diajak untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan perkembangan transformasi digital sebagai peluang untuk memajukan dunia jurnalisme.

    “Seiring dengan kemajuan teknologi perkembangan transformasi digital juga menghadirkan peluang yang besar, peluang pers. Juga menghasilkan peluang atau menghadirkan peluang yang besar bagi dunia pers bagi media dan bagi jurnalisme,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam Konvensi Nasional Media Masa "Peluang Pers di Tahun yang Menantang" yang digelar Dewan Pers dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (08/02/2023).

    Menkominfo mencontohkan langkah penggunaan teknologi artificial intelijen (AI) oleh Associated Press di Amerika Serikat yang mampu memproduksi jumlah produksi artikel hingga 12 kali lipat dari sebelumnya.

    “Pemanfaatan AI ternyata mendorong peningkatan produksi artikel 12 kali lipat, 1.200 persen,” tandasnya.

    Selain meningkatkan produksi berita, teknologi digital juga dapat menjalankan fungsi mengecek berita bohong (fake checking), terutama di media online.

    Oleh karena itu, Menteri Johnny mengharapkan media bisa turut membantu Kementerian Kominfo untuk memilah berita-berita bohong dengan menggunakan teknologi digital, seperti proses analisis data numerik, menganalisis jaringan sosial (social network) hingga mengoptimalisasi biaya variabel dalam berbagai kinerja jurnalisme.

    “Ini menunjukkan bahwa kemajuan teknologi digital akan mendatangkan peluang bagi pers, bagi media dan bagi jurnalisme itu sendiri,” tutur Menkominfo Johnny.

    Menurut Menkominfo, kemajuan teknologi ini baru bisa dimanfaatkan jika insan pers memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan yang ada dengan meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) masing-masing.

    “Tentunya perlu diimbangi dengan kemampuan, kecepatan beradaptasi oleh rekan-rekan jurnalis dan insan pers sekalian,” tandas Menkominfo.

    Turut hadir dalam acara itu Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu; Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari; Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong; Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, dan perwakilan insan pers dari seluruh daerah.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA