FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 01-2023

    896

    Kominfo Jajaki Kerja Sama dengan Stanford University untuk Program DLA

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto dalam Konferensi Pers Program Penyediaan Talenta Digital Kominfo dari Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (31/01/2023). - (Indra)

    Jakarta Pusat, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika akan bekerja sama dengan Stanford University yang berlokasi di California, Amerika Serikat (AS) untuk penyelenggaraan Program Pelatihan Digital Leadership Academy (DLA). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Hary Budiarto menyatakan kerja sama itu akan menambah daftar universitas terkemuka dunia yang akan ikut berpartisipasi.

    “Kami telah bekerja sama dengan delapan universitas internasional, seperti National University Singapore (NUS), Harvard University, Oxford University dan tahun ini kami menjajaki kerja sama dengan Stanford University,” ujarnya dalam Konferensi Pers Program Penyediaan Talenta Digital Kominfo dari Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (31/01/2023).

    Kepala Balitbang SDM Kominfo menjelaskan, Program DLA menargetkan seluruh pimpinan pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perusahaan swasta (level CEO) dan hingga founder startup digital sebagai peserta.

    Pada tahun ini ada tiga model kerja sama dalam program DLA, yakni pertama kerja sama dengan delapan kampus internasional, yakni National University Singapore (NUS), Harvard University, Oxford University, Tsinghua University, Cornell University, Imperial College London, Massachussetts Institute Of Technology, dan University of Cambridge.

    Kedua bekerja sama dengan Badan Pegembangan SDM Kementerian Dalam Negeri (BPSDM Kemendagri) untuk melakukan pelatihan pada pimpinan daerah, seperti gubernur, wali kota, dan bupati.

    “Untuk 2023, kita adakan pelatihan dan visitasi. Artinya mereka melakukan benchmarking luar negeri, kita sudah menentukan ke Korea (Selatan). Pada 2022 visitasinya ke Singapura dan diikuti 20 kepala daerah, tahun ini 20 kepala daerah juga. Syarat-syarat kepala daerahnya akan ditentukan Kemendagri,” jelas Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo.

    Pada tahun ini, kerja sama itu juga dilakukan dengan BPSDM Provinsi Sumatra Utara, dengan tema yang sudah disepakati Sekretaris Daerah (Sekda) smart digital leader Sumut Bermartabat, yang akan dimulai pada Maret 2023 mendatang.

    "Sedangkan kerja sama ketiga adalah dengan Masyarakat Telematika (Mastel) dan Amazone Web Service (AWS). Tahun ini tema khususnya untuk infrastruktur digital, dengan kuota 200 orang, dan tahun ini ada 500 kuota kita targetkan di program DLA,” jelas Hary Budiarto.

    Hadir dalam acara itu Sekretaris Badan Litbang SDM Haryati, Kapuslitbang Aptika IKP Said Mirza Pahlevi dan Kapusbang Profesi dan Sertifikasi Hedi M. Idris.

    Sumber

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA