FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 01-2023

    552

    TKA Berunjuk Rasa di PT GNI? Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten video di media sosial Facebook yang dikaitkan dengan peristiwa unjuk rasa oleh tenaga kerja asing (TKA) asal Cina.  Konon video tersebut beredar setelah peristiwa bentrokan di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah yang terjadi pada Sabtu (14/01/2023).

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, dari kompas.com, rekaman video tersebut bukanlah aksi unjuk rasa oleh TKA Cina sebagaimana yang disebutkan dalam narasi.

    Fakta yang terverifikasi, potongan video serupa diketahui pernah dipublikasikan oleh ulasan.co dalam sebuah artikel berjudul “Ratusan Pengungsi Afganistan di Tanjungpinang Kembali Gelar Aksi Unjuk Rasa” yang dimuat pada tanggal 2 November 2021.  

    Aksi unjuk rasa itu berlokasi di depan Kantor Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) Pekanbaru, Riau.  Para imigran Afganistan itu berharap kepastian nasib mereka agar dapat dipindahkan ke negara tujuan setelah tiba di Indonesia pada 2015.

    Berikut laporan harian isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Rabu (25/01/2023):

    1. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Wakil Bupati Bengkalis
    2. [HOAKS] Bill Gates akan Memasukkan Vaksin mRNA Melalui Makanan
    3. [DISINFORMASI] Video TKA Cina Melakukan Unjuk Rasa Pascabentrokan di PT GNI

    Berita Terkait

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Cincin Perusak Kertas Suara Pemilu 2024? Itu Hoaks!

    Gambar tersebut adalah hoaks lama yang pernah beredar pada Pemilu 2019 dan kembali beredar menjelang Pemilu 2024. Selengkapnya

    Perubahan Iklim Hasil Konspirasi? Itu Hoaks!

    Dalam catatan geologi, perubahan iklim selalu terjadi baik karena faktor alami atau akibat manusia. Selengkapnya

    Menkeu Gabung Menjadi Tim Sukses? Itu Hoaks!

    Dari keseluruhan isi video, tidak ditemukan informasi valid yang menyebutkan bahwa Sri Mulyani bergabung dalam timses Ganjar Pranowo-Mahfud Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA