FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 01-2023

    1041

    Dukung Penguatan Pertumbuhan Ekonomi, Menkominfo Hadiri Rakornas Forkopimda

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Bogor, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Menteri Johnny tiba di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/01/2023) sekira pukul 08.00 WIB. 

    Mengusung tema “Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”, rakornas yang terbagi dalam empat panel itu dibuka secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.  

    Kominfo Rakornas Forkopimda RI

    Kominfo Rakornas Forkopimda II

    Sesi pertama membahas upaya penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi. Sesi pertama menghadirkan narasumber Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo,  Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono, dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

    Kominfo Rakornas Forkopimda Panel I

    Dalam sesi panel kedua, pembahasan berfokus pada peningkatan iklim investasi dan kemudahan berusaha (perizinan) di daerah. Hadir secara daring,  Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dari Swiss. Kemudian, Menteri Investasi /Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga hadir virtual.

    Adapun pembicara yang hadir langsung, antara lain Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. 

    Kominfo Rakornas Forkopimda Panel II

    Selanjutnya, panel ketiga membahas percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19 menuju endemi, penurunan angka stunting dan kemiskinan di daerah, hingga peningkatan pelaksanaan jaring pengaman sosial. Sesi itu menghadirkan pembicara utama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial Tri Rismaharini, serta Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

    "Arahan khusus dari Bapak Presiden RI Joko Widodo untuk menghadirkan Bupati Sumedang Dony Ahamd Munir, terutama tentang best practice mengenai stunting dan satu lagi arahan bapak Presiden untuk diberikan waktu kepada Ahli Fisika dan Matematika Pendidikan Prof Yohanes Surya tentang best practice bidang Pendidikan, yaitu bahagia belajar siswa cepat pintar, yang sifatnya sangat aplikatif," ungkap Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat membacakan laporan pelaksanaan.

    Kominfo Rakornas Forkopimda Panel III

    Sedangkan panel terakhir diisi dengan pembahasan stabilitas politik, hukum, keamanan, dan pengawasan. Di sesi ini, menghadirkan pembicara utama Menteri Politik Hukum dan HAM Mahfud MD, Kapolri Listyo Sigit Purnomo, Jaksa Agung RI ST Burhanuddin, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, Panglima TNI Yudo Margono dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. 

    "Keempat panel diharapkan dapat memberikan masukan dan arahan tentang langkah-langkah aplikatif yang harus dikerjakan oleh daerah," harap Tito.

    Kominfo Rakornas Forkopimda Panel IV

    Mendagri Tito Karnavian menjelaskan, Rakornas kali ini dihadiri sekitar 4.545 orang yang terdiri dari pemerintah pusat sebanyak 239 orang, 45 pimpinan kementerian/lembaga, 34 sekretaris jenderal dan sekretaris utama, 25 eselon satu, 27 pejabat eselon satu Kemendagri dan BNPP, 97 pejabat eselon dua Kemendagri, pimpinan satgas tingkat eselon tiga, dan delapan kepala pos lintas batas negara nasional.

    “Sisanya, 3.287 orang dari pemerintah daerah, yakni 38 gubernur dan pj gubernur, satu Wali Nangro Aceh Darusalam, Ketua MRP, Ketua MRPB sekaligus Forkompimda di daerah masing-masing, 34 DPRD provinsi, 514 bupati wali kota dan penjabat bupati/wali kota, 508 DPRD kabupaten dan kota, 128 pimpinan TNI, 34 Kapolda, 33 Kajati, 34 Kabinda, 29 kepala perwakilan bank di provinsi, 514 unsur pimpinan setingkat Kapolres dan Kapolrestabes, 344 Dandim, 438 Kepala Kejaksaan Negeri, 58 Danlanal, 34 kepala BPKP daerah, dan 514 BPS seluruh provinsi, kota, dan kabupaten,” jelasnya.

    Kominfo Peserta Rakornas Forkopimda

    Kominfo Rakornas Forkopimda I

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM, DWP Kominfo Gelar Bazar Ramadan 2024

    Bazar Ramadhan DWP Kementerian Kominfo tersebut diikuti oleh perempuan pelaku UMKM makanan, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lain. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA