FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 01-2023

    1321

    Percepat Digitalisasi Pos, Kominfo Siapkan Fasilitasi

    Kategori Berita Kominfo | Erbi

    Jakarta Pusat, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan percepatan digitalisasi sektor pos. Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Gunawan Hutagalung menyatakan akan terus berupaya mempercepat transformasi digital untuk perposan di seluruh Indonesia lewat fasilitasi kebijakan.

    "Pos seperti yang disampaikan Pak Menteri tadi harus tetap relevan di dalam industri. Kendalanya kita sekarang ya proses bisnisnya belum bertransformasi secara digital secara penuh, masih menggunakan pendekatan tradisional," tutur usai Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Ops Room Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (09/01/2023). 

    Usai dilantik bersama lima pejabat pimpinan tinggi pratama lain, Direktur Gunawan Hutagalung menyatakan penyelenggaraan pos saat ini masih dijalankan secara tradisional. Oleh karena itu, ia siap mendorong proses transformasi di bidang pos agar bisa terdigitalisasi dengan baik. 

    "Bisnis online itu belum berkembang secara digital penuh. Ini yang kita didorong. Ditpos akan segera menyelesaikan program terkait dengan masalah kurir, pos, financial inclusion," tegasnya.

    Lebih dari itu, Kementerian Kominfo juga akan terus mendorong para penyelenggara pos bertransformasi secara digital. 

    "Strateginya kita memfasilitasi. Kita lebih mendorog  untuk mereka masuk dan kita menyiapkan berbagai platform digital yang mereka (penyelenggara pos) akan gunakan," jelasnya.

    Menkominfo Johnny G. Plate melantik Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Wayan Toni Supriyanto; Direktur Pos Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Gunawan Hutagalung; dan Kepala Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Syaharuddin. Kemudian, Inspektur IV Inspektorat Jenderal, Nizam; Inspektur I Inspektorat Jenderal, Ivan Santoso; dan Inspektur III Inspektorat Jenderal, Fajar Budiantoro. 

    Acara pelantikan disaksikan Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Hary Budiarto. Turut hadir Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Staf Ahli Menteri Widodo Muktiyo, serta Staf Khusus Menteri Kominfo, Dedy Permadi dan Rosarita Niken Widiastuti.

    Berita Terkait

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA