FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 01-2023

    2198

    Perkuat Infrastruktur Digital, Kominfo Fokus Tuntaskan Tiga Target Tahun 2023

    SIARAN PERS NO. 2/HM/KOMINFO/01/2023
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Johnny G. Plate saat inspeksi mendadak ke lokasi pembangunan Pusat Data Nasional di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (04/01/2023). - (Pey)

    Siaran Pers No. 2/HM/KOMINFO/01/2023

    Rabu, 4 Januari 2022

    Perkuat Infrastruktur Digital, Kominfo Fokus Tuntaskan Tiga Target Tahun 2023

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan tiga fokus utama pembangunan infrastruktur digital atau teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada Tahun 2023. Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan target itu meliputi penyelesaian pembangunan infrastruktur hulu berupa satelit, pusat data nasional (PDN) dan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT).

    “Ini semua adalah visi Pak Presiden Joko Widodo. Tugas kita apa? Apabila ada potensi masalah bisa diselesaikan jauh lebih awal, sehingga jalannya project atau jalannya pembangunan itu bisa dilakukan secara lancar,”  tuturnya dalam inspeksi mendadak ke lokasi pembangunan Pusat Data Nasional di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (04/01/2023).

    Menurut Menteri Johnny, pembangunan infrastruktur digital hulu meliputi pembangunan kabel serat optik, Base Transceiver Station (BTS), dan satelit. 

    “Di kuartal kedua tahun ini,  SATRIA-1 dan Hot Backup Satellite (HBS) kita harapkan bisa beroperasi. Nanti di akhir tahun 2023 itu sudah mulai bisa berfungsi,” ungkapnya.

    Berkaitan dengan pembangunan Pusat Data Nasional, Menkominfo menyatakan penting untuk mempersiapkan Pemerintah Indonesia melakukan percepatan pembangunan nasional.

    “Meski proses pembangunannya belum selesai, namun keberadaan PDN di tahun ini penting sekali untuk dimiliki guna memberikan dukungan terhadap penyelenggara negara yang lebih efisien dan efektif,” tandasnya. 

    Pembangunan PDN pertama di Indonesia ini dibangun dengan standar Tier-IV yang merupakan standar terbaik di tingkat global. Ke depan, PDN akan digunakan sebagai infrastruktur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

    “Penting sekali, termasuk di dalamnya nanti dalam rangka untuk memberikan dukungan interoperabilitas data untuk menghasilkan Satu Data Indonesia atau Data Driven Policy pemerintah,” jelas Menteri Johnny.

    Di tahun ini pula, Menkominfo menargetkan pembangunan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) selesai. Menurutnya, BBPPT Kominfo akan menjadi balai pengujian perangkat TIK terbesar di ASEAN.

    “Mudah-mudahan di kuartal pertama 2023 ini sudah bisa dserahterimakan gedungnya dan peralatan sudah bisa mulai dipasang. Kita harapkan selesai di tahun 2023 ini,” tuturnya.

    Dalam agenda itu, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan SDM, Dedy Permadi; Sekretaris Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Slamet Santoso; dan Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Bambang Dwi Anggono.

    Hadir pula perwakilan Ellipse Project Ryan Septiadi, dan perwakilan Konsultan Manajemen Pengawasan dan Pengendalian Proyek PDN Yodya Karya, Rahmadhani.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 265/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Tingkatkan Nilai Tambah, Menkominfo: Jadikan Indonesia Rantai Pasokan Global

    Menurut Menkominfo, Pemerintah juga mengundang CEO Nvidia Jensen Huang agar dapat menjadikan Indonesia salah satu rantai pasokan global sekt Selengkapnya

    Siaran Pers No. 264/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie: Presiden Tawari Apple Investasi Smart City di IKN

    Menurut Menteri Budi Arie, Apple optimistis untuk berinvestasi di Indonesia karena melihat peluang yang besar, termasuk pembangunan IKN. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 263/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menkominfo: Presiden Perjuangkan Investasi Teknologi Global

    Menurutnya, Presiden menginginkan Indonesia menjadi bagian dari pemasok dan penyalur komponen teknologi dunia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 262/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Marak Hoaks Catut Nama Tokoh, Wamenkominfo Dorong Masyarakat Tetap Kritis

    Wamen Nezar Patria juga mendorong masyarakat selalu berpikir kritis dalam mencerna informasi yang beredar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA