FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 01-2023

    1044

    Minta Percepat Bangun PDN, Menteri Johnny Sebut Dua Manfaat

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Menkominfo Johnny G. Plate saat memberikan penjelasan kepada pekerja media usai inspeksi mendadak ke lokasi pembangunan Pusat Data Nasional di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (04/01/2023). - (Pey)

    Bekasi, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta seluruh jajarannya untuk mempercepat pembangunan Pusat Data Nasional pertama di Indonesia.  Menurutnya keberadaan PDN akan mendukung pelayanan seluruh lembaga Pemerintah dan pengembangan talenta digital nasional.

    “Ini pembangunan pusat data pemerintah yang pertama, kita harus pastikan pembangunan itu dilakukan secara sukses. Apabila ada hambatan-hambatannya itu harus diselesaikan lebih awal,” tegasnya saat memberikan penjelasan kepada pekerja media usai inspeksi mendadak ke lokasi pembangunan Pusat Data Nasional di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (04/01/2023).

    Menkominfo menyatakan pembangunan pusat data ini penting untuk memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan negara yang lebih efisien dan efektif. 

    “Penting sekali, termasuk di dalamnya nanti dalam rangka untuk memberikan dukungan interoperabilitas data untuk menghasilkan Satu Data Indonesia atau Data Driven Policy pemerintah,” tandasnya.

    Menurut Menteri Johnny, keberadaan PDN dapat mendukung program yang berkaitan dengan pembangunan sumberdaya manusia digital. Termasuk memperkuat upaya Kementerian Kominfo dalam menyiapkan pelatihan literasi digital, Digital Talent Scholarship dan Digital Leadership Academy.

    “Program-program itu berjalan dengan baik, karena ini terkait dengan SDM digital di Indonesia untuk mendukung pemerintah dalam rangka SPBE, untuk mendukung ekonomi digital kita, ya UMKM dan Ultra Mikro Go Digital, dan mendukung berbagai kreasi inovasi-inovasi di sektor digital. Saya kira itu yang kita sedang disiapkan untuk tahun 2023 ini,” jelasnya.

    Menkominfo menjelaskan PDN pertama di Indonesia dibangun dengan standar Tier-4 yang merupakan standar terbaik di tingkat global. Bahkan, dirancang sebagai green government cloud. 

    “Seluruhnya hijau, ramah lingkungan. Bukan gampang ini karena harus memenuhi standar-standar dan syarat-syarat sertifikasinya,” ungkapnya.

    Pembangunan PDN direncanakan berlangsung dalam waktu 24 bulan atau berakhir tanggal 20 Oktober 2024.  Saat ini pembangunan PDN sudah berjalan sekitar dua bulan sejak groundbreaking pelaksanaan proyek.

    “Saya kira progresnya jauh lebih cepat dari 8%, karena ada banyak progres yang tidak terlihat secara fisik, misalnya soal desain ya atau soal-soal manajemen lainnya yang sudah dilakukan, namun perkembangan itu harus disampaikan secara berkala,” tutur Menteri Johnny.

    Meskipun demikian, Menkominfo menyatakan akan melakukan pemantauan langsung dan berkala sebagai progress review meeting agar pembangunan bisa berlangsung lebih cepat tanpa ada kendala.

    “Pertemuan hari ini, saya datang langsung secara fisik, ya sidaklah atau apapun namanya itu, dalam rangka juga untuk menyampaikan dilakukan progres review meeting pertama. Kalau bisa dilakukan percepatan kenapa tidak? Namun, kalau ada potensi keterlambatan diselesaikan lebih awal,” ungkapnya.

    Dalam agenda itu, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan SDM, Dedy Permadi; Sekretaris Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Slamet Santoso; dan Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Bambang Dwi Anggono. Hadir pula perwakilan Ellipse Project Ryan Septiadi, dan perwakilan Konsultan Manajemen Pengawasan dan Pengendalian Proyek PDN Yodya Karya, Rahmadhani.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Sambut Kedatangan PM Anwar Ibrahim

    Menteri Budi Arie menyambut langsung PM Anwar Ibrahim ketika turun dari pesawat kenegaraan Malaysia sekitar pukul 15.32 WIB. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Buka Kominfo Karnaval 2023

    Kominfo Karnaval 2023 merupakan rangkaian peringatan ulang tahun ke-78 Republik Indonesia dan 22 Tahun Kementerian Kominfo. Selengkapnya

    [Berita Foto] Serah Terima Jabatan Menteri Kominfo Sisa Masa Jabatan 2019 s.d. 2024

    Serah terima jabatan berlangsung sekitar pukul 11.40 WIB, dan diawali dengan penyerahan memori jabatan. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Johnny Antarkan Delegasi Timor Leste

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA