FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 12-2022

    1467

    Menteri Johnny: 53 BTS di Manggarai Timur Sudah Beroperasi

    SIARAN PERS NO. 544/HM/KOMINFO/12/2022
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Johnny G. Plate, saat memberi sambutan dalam Sosialisasi Pemanfaatan Infrastruktur BTS 4G USO dan Akses Internet Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo di Kantor Bupati Manggarai Timur, Lehong, Gurung Liwut, Kec. Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (22/12/2022). - (Berto)

    Siaran Pers No. 544/HM/KOMINFO/12/2022

    Kamis, 22 Desember 2022

    tentang

    Menteri Johnny: 53 BTS di Manggarai Timur Sudah Beroperasi 

    Keberadaan infrastruktur digital untuk kebutuhan telekomunikasi dan internet merupakan salah satu pilar utama percepatan tranformasi digital nasional.  Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan saat ini pemerintah berupaya mempercepat pembangunan Base Transceiver Station (BTS). Menurut Menteri Johnny di Kabupaten Mangarai Timur sudah 53 BTS beroperasi dari 66 unit yang dibangun oleh Pemerintah.

    “Dari 66 BTS yang dibangun, terdapat 53 BTS yang sudah on air. Masih tersisa 13 BTS yang masih berproses, itu akan diselesaikan paling lambat di kuartal pertama tahun 2023 sehingga nanti pembangunan BTS yang sudah selesai kita harapkan digunakan dengan baik,” tuturnya dalam Sosialisasi Pemanfaatan Infrastruktur BTS 4G USO dan Akses Internet Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo di Kantor Bupati Manggarai Timur, Lehong, Gurung Liwut, Kec. Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (22/12/2022). 

    Menkominfo menyatakan pembangunan BTS oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo dan Telkomsel serta mitra kerja itu menggunakan sumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

    “Untuk melayani masyarakat di seluruh desa/kelurahan wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Indonesia, yang selama ini belum terlayani jaringan sinyal 4G khususnya di Kabupaten Manggarai Timur,” tandasnya. 

    Menurut Menteri Johnny, BTS akan menjadi infrastruktur hilir yang memungkinkan masyarakat memanfaatkan infrastruktur hulu berupa jaringan pita lebar kabel serat optik. 

    “Kita ingin berpesan bahwa pembangunan infrastruktur hulu baik itu pembangunan pita lebar melalui fiber optic, itu sudah dilakukan secara masif, termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur, sudah sekitar 600 kilometer lebih,” ungkapnya.

    Saat ini menurut Menkominfo,  Pemerintah telah membangun lebih dari 600 kilometer jaringan kabel serat optik melintas provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat melalui Selat Sape di Manggarai Barat. 

    “Jaringan itu terhubung ke jalur internasional di Perth, Australia untuk kawasan Selatan Bumi,” ujarnya.

    Bahkan, Kementerian Kominfo juga menyiapkan Satelit SATRIA-I dan Hot Backup Satellite untuk mendukung penyedian akses internet bagi sekolah maupun layanan kesehatan. 

    “Gateway atau stasiun buminya sudah hampir selesai dibangun di Pulau Timor, Kabupaten Kupang, Kecamatan Amfoang, yang akan melayani keseluruhan wilayah provinsi ini,” jelas Menkominfo.

    Dalam acara itu hadir Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Badan Usaha BAKTI Kominfo Dhia Anugrah Febriansa, VP Network Partnership Management PT. Telkomsel Awal Chalik, Direktur Sales Konsorsium Fiber Home Telkom Infra MTD, serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo

     

    Menkominfo Sosialisasi BTS di Kantor Bupati Manggarai Timur WB II

    Menkominfo Sosialisasi BTS di Kantor Bupati Manggarai Timur WB III

    Menkominfo Sosialisasi BTS di Kantor Bupati Manggarai Timur WB IV

    Menkominfo Sosialisasi BTS di Kantor Bupati Manggarai Timur WB V

    Menkominfo Sosialisasi BTS di Kantor Bupati Manggarai Timur WB VI

    Menkominfo Sosialisasi BTS di Kantor Bupati Manggarai Timur WB VII

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 276/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Kolaborasi TBI Susun Regulasi AI

    Penyusunan regulasi mengenai AI memerlukan pertimbangan aspek fundamental unhtuk meminimalkan risiko pemanfaatan teknologi yang makin banyak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Uji Coba Konektivitas Digital IKN, Kominfo Apresiasi Dukungan TBI

    TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamana data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 274/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Terima Tony Blair, Menkominfo Bahas Kerja Sama Percepatan Transformasi Digital

    Menkominfo mengharapkan kolaborasi dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) akan terus berlanjut dalam mengimplementasikan Sistem Selengkapnya

    Siaran Pers No. 273/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Akselerasi Ekonomi Digital, Menkominfo Jajaki Peluang Kerja Sama Joint Lab

    Menurut Menkominfo, pembentukan Joint Lab diarahkan untuk akselerasi penerapan teknologi pada sistem pembayaran layanan keuangan, khususnya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA