FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 12-2022

    1054

    Menteri Kominfo Dorong Pemanfaatan Infrastruktur Digital Hulu dan Hilir

    SIARAN PERS NO. 543/HM/KOMINFO/12/2022
    Kategori Siaran Pers
    - (AYH)

    Siaran Pers No. 543/HM/KOMINFO/12/2022

    Kamis, 22 Desember 2022

    tentang

    Menteri Kominfo Dorong Pemanfaatan Infrastruktur Digital Hulu dan Hilir

     

    Pemerintah terus mendorong hilirisasi seiring dengan pembangunan dan pemerataan infrastruktur teknologi digital di seluruh tanah air. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Pemerintah memberikan perhatian ke masyarakat di daerah yang masih tertinggal dengan membangun Base Transceiver Station (BTS) sekaligus pengembangan smart city dan pendampingan literasi digital.

    “Kita berharap pembangunan BTS 4G ini segera dapat mendorong efektivitas dan produktivitas masyarakat dengan melakukan aktivitas secara digital,” jelasnya dalam kunjungan kerja ke Kantor Bupati Manggarai Timur, Lehong, Gurung Liwut, Kec. Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (22/12/2022). 

    Menkominfo mengharapkan pembangunan infrastruktur di Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat dapat diimbangi dengan pemanfaatan untuk e-commerce, edutech, healthtech hingga kota cerdas atau smart city.

    “Kominfo siap memberikan pendampingan. Pemanfaatan TIK di sisi hilir, salah satunya untuk menghasilkan kota yang cerdas. Kami juga minta kepada pemda untuk mengambil bagian dalam program smart city dengan enam pilar utama yang menjadi dasar pelaksanaan program pengembangan kota cerdas, yaitu Smart Governance atau pemerintahan digital yang cerdas, smart infrastructure, smart economy, smart living, smart people, dan smart environment,” jelasnya.

    Menteri Johnny menekankan arti penting kesungguhan pemerintah daerah dalam mewujudkan smart city. Hal itu dapat dilakukan dengan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

    “Secara khusus saya meminta kepada pemerintah daerah agar pembangunan infrastruktur digital ini untuk digunakan untuk memberikan layanan pemerintahan berbasis elektronik sehingga birokrasi pemerintahan dan perizinan bisa berjalan dengan baik,” tandasnya,

    Menurut Menkominfo, seluruh negara di dunia saat ini memberikan perhatian pada pengembangan Smart Island dan Smart Villages. Indonesia telah menginisiasi hal itu dalam G20 Economy Minister Meeting (G20-DEMM).

    “Tidak saja Smart City, kami justru mendorong agar smart island dan villages juga dikembangkan. Jadi, selain smart city kita akan mengembangkan Smart Island dan Smart Villages atau pulau cerdas dan desa-desa cerdas,” ungkapnya. 

    Menkominfo menegaskan pembangunan infrastruktur digital membutuhkan dukungan pemerintah daerah. Terutama dalam mengembangkan pendidikan vokasi untuk menghasilkan talenta digital, agar mendorong pertumbuhan ruang digital seperti e-commerce, edutech, healthtech, dan electronic government.

    “Jangan sampai apa yang dihasilkan ini hanya menjadi tontonan semata. Saya harapkan pelatihan yang diberikan Kominfo bisa diimplementasikan dengan baik, sehingga program smart city bisa bertumbuh dan berjalan,” tegasnya.

    Pada saat bersamaan Kementerian Kominfo juga menyiapkan upaya pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan literasi dan talenta digital. Sesuai dengan hasil Indeks Masyarakat Digital Indonesua tahun 2022, ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan melalui pelatihan digital bagi masyarakat. 

    “Kominfo baru saja melakukan penelitian terkait dengan implementasi toolkit for measurement digital literacy and digital skills. Hasilnya Indonesia masih perlu bekerja untuk meningkatkan pemberdayaan digital. Di NTT dan kerja sama yang dilakukan bersama-sama dengan pemerintah daerah, hal ini bisa terwujud,” ungkap Menteri Johnny.

    Dalam acara Sosialisasi Pemanfaatan Infrastruktur BTS 4G USO dan Akses Internet Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo itu hadir Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Badan Usaha BAKTI Kominfo Dhia Anugrah Febriansa, VP Network Partnership Management PT. Telkomsel Awal Chalik, Direktur Sales Konsorsium Fiber Home Telkom Infra MTD, serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo

    KunKer Menkominfo Di Borong, Manngarai Timur AYH III

    KunKer Menkominfo Di Borong, Manngarai Timur AYH IV

    KunKer Menkominfo Di Borong, Manngarai AYH X

    KunKer Menkominfo Di Borong, Manngarai AYH VI

    KunKer Menkominfo Di Borong, Manngarai Timur AYH VI

    KunKer Menkominfo Di Borong, Manngarai Timur AYH XII

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 276/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Kolaborasi TBI Susun Regulasi AI

    Penyusunan regulasi mengenai AI memerlukan pertimbangan aspek fundamental unhtuk meminimalkan risiko pemanfaatan teknologi yang makin banyak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Uji Coba Konektivitas Digital IKN, Kominfo Apresiasi Dukungan TBI

    TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamana data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 274/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Terima Tony Blair, Menkominfo Bahas Kerja Sama Percepatan Transformasi Digital

    Menkominfo mengharapkan kolaborasi dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) akan terus berlanjut dalam mengimplementasikan Sistem Selengkapnya

    Siaran Pers No. 273/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Akselerasi Ekonomi Digital, Menkominfo Jajaki Peluang Kerja Sama Joint Lab

    Menurut Menkominfo, pembentukan Joint Lab diarahkan untuk akselerasi penerapan teknologi pada sistem pembayaran layanan keuangan, khususnya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA