FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 12-2022

    758

    Kominfo Telah Bagikan STB untuk 9 RIbu RTM di Surakarta

    Kategori Berita Kominfo | Viska

    Surakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika terus membagikan bantuan Set-Top Box (STB) untuk rumah tangga miskin. 

    Plt. Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ismail menyatakan saat ini di Surakarta sudah terdistribusikan perangkat STB kepada sembilan ribu rumah tangga miskin.

    "Sampai sekarang sudah sembilan ribu dari total 22 ribu. Insyaallah sisanya 11 ribu. Nanti dibagi Pak Wali dan tim di kelurahan dan kecamatan," jelasnya di Balai Kota Solo, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (!9/12/2022).

    Menurut Dirjen Ismail, pembagian STB berlangsung sebelum penghentian total siaran analog atau Analog Switch Off (ASO) pada 2 Desember 2022.

    “Sudah ada pembagian STB, dan Solo termasuk pada tanggal 2 Desember 2022 pelaksanaan ASO-nya,” ujarnya.

    Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo menjelaskan, dalam proses pembagian ada beberapa rumah tangga miskin yang belum menerima karena beberapa kendala.

    “Saat melakukan pembagian ada warga yang belum siap menerima atau gagal serah. Ada sebagian yang dari masyarakat miskin yang tidak siap menerima, bisa saja sedang tidak di rumah," tuturnya. 

    Dirjen Ismail menegaskan STB tidak dibagikan ke semua kalangan masyarakat, oleh karena itu, Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo mengimbau agar masyarakat yang tidak termasuk kategori rumah tangga miskin bisa membeli secara mandiri. 

    “STB hanya dibagikan untuk rumah tangga miskin. Yang tidak masuk data mohon bisa beli sendiri secara mandiri. Ini yang perlu disosialisasikan, jangan sampai ada informasi bahwa STB untuk semua orang," tandasnya.

    Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyatakan mendapat banyak keluhan dari warga Surakarta setelah pelaksanaan ASO. 

    "Usai TV Analog dimatikan banyak warga Solo yang datang ke Balai Kota untuk meminta STB. Banyak yang dikeluhkan, terkait harga mahal dan lainnya. Banyak juga yang datang ke Balai Kota," ungkapnya. 

    Dalam pertemuan itu, Dirjen Ismail selain berdiskusi dengan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka juga membagikan STB bagi masyarakat miskin berhak. Plt. Dirjen PPI Kementerian Kominfo didampingi Direktur Pengembangan Pitalebar Ditjen PPI Kementerian Kominfo Marvel Parsaoran Situmorang.

     

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Awas Hoaks! Banjir Bandang Hancurkan Puluhan Rumah di Provinsi DKI Jakarta

    Ternyata klaim pada unggahan tersebut adalah keliru dan merupakan konten yang dimanipulasi. Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA