FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 11-2022

    192

    Humas Pemerintah Memiliki Peran Sentral dalam Diseminasi Informasi

    Kategori Berita Kominfo | Viska

    Sleman, Kominfo – Hubungan masyarakat pemerintah atau Government Public Relation (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi untuk masyarakat. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyatakan peran itu dapat terwujud dengan menyediakan informasi yang akurat dan faktual.

    “Setidaknya telah ditemukan 10.691 isu hoaks dalam kurun waktu Agustus 2018 hingga awal November 2022. Karenanya peran Government Public Relation dalam menyediakan informasi yang akurat dan faktual bagi masyarakat menjadi krusial. GPR memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat,” ujarnya dalam Malam Anugerah Media Humas (AMH) 2022 di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (24/11/2022).

    Menurut Menkominfo, GPR juga memiliki peran sebagai jembatan komunikasi program kerja pemerintah kepada masyarakat.  Hal itu sejalan dengan tugas GPR menampung aspirasi publik serta membentuk image pemerintah.

    “Namun di tengah cepatnya laju persebaran informasi, urgensi GPR humas pemerintah menjadi lebih besar untuk dapat menyediakan informasi yang akurat serta meluruskan misinformasi yang tersebar di masyarakat,” ungkapnya.

    Sebagai saluran komunikasi publik pemerintah, Menteri Johnny menyatakan GPR juga harus mampu mengedukasi dan menggerakkan masyarakat untuk memilih sumber informasi yang kredibel sebagai acuan. Lebih dari itu, peran GPR menjadi lebih krusial karena bertanggung jawab untuk mentranslasikan kebijakan dan informasi pemerintah supaya dapat tersampaikan kepada masyarakat dengan efektif dan efisien.

    “Kehumasan yang berpusat pada pengalaman manusia atau humanisme menjadi penting untuk selalu dikedepankan,” tandasnya.

    Menkominfo menyatakan tantangan kehumasan ke depan akan makin beragam bahkan tak terprediksikan. Terlebih pada saat ini secara bersamaan, GPR dihadapkan dengan berbagai tantangan, seperti disrupsi teknologi digital, pandemi Covid-19 dan konflik geostrategis yang sangat dinamis.

    “Namun tidak berarti tidak dapat kita atasi, tidak dapat kita lakukan, kita akan dapat lakukan dengan baik. Sebagai gambaran kita baru saja berhasil menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak nasional maupun internasional. KTT itu paling berat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya akibat dari ketegangan geopolitik,” katanya menandaskan.

    Memasuki tahun politik yakni Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 mendatang, berupa pemilihan anggota legislatif pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan kepala daerah,  Menteri Johnny juga menilai tantangan GPR semakin bertambah.

    Dalam acara itu, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong; Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia, Dedy Permadi; Juri AMH 2022 dan sejumlah pejabat tinggi madya Kementerian Kominfo.

    Sumber

    Berita Terkait

    Kominfo Dorong Peningkatan Utilisasi Sistem Informasi P2DD

    Kementerian Kominfo akan terus mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan sistem informasi P2DD, terutama terkait dengan layanan seperti Pusa Selengkapnya

    Menkominfo: Jadikan Teladan dan Inspirasi Wujudkan Transformasi Digital

    Menteri Johnny mengharapkan agar upaya penerima Satyalancana Wira Karya dapat menjadi teladan bagi seluruh insan komunikasi dan informatika. Selengkapnya

    Mobil Ambulans Melaju Tanpa Sopir, Awas Disinformasi!

    Kapolsek Ampana Kota AKP Jimyarto Anasim menyatakan, video itu direkam di Kota Ampana dan ada sopir yang mengemudikan ambulans itu. Selengkapnya

    Video Pemakaman Tanpa Pelayat di Kediri? Itu Disinformasi!

    Klaim dari video bahwa tidak ada warga sekitar atau tetangga yang ikut melayat jenazah tersebut adalah keliru. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA