FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 11-2022

    251

    Lewat AMH 2022, Kominfo Apresiasi Dukungan Komunikasi Publik Presidensi G20 Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | adhi004

    Sleman, Kominfo – Penyelenggaraan malam Anugerah Media Humas (AMH) 2022 yang mengusung tema Semangat Humas untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, merupakan bentuk pemberian apresiasi terhadap keberhasilan komunikasi publik dan dukungan hubungan masyarakat kementerian dan lembaga, pemerintah daerah serta BUMN dan perguruan tinggi dalam menyukseskan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia yang berakhir pada pekan lalu.

    “Malam Anugerah Media Humas 2022 itu sebagai bentuk apresiasi atas hasil kerja pemerintah utamanya terkait dengan komunikasi publik perhelatan Presidensi G20 (Indonesia),” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong, dalam acara Malam Anugerah Media Humas 2022 di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (24/11/2022).

    Dirjen IKP Usman mengatakan, setiap tahun Kementerian Kominfo selalu membuat tema AMH dengan penekanan penekanan pada tema-tema tertentu. Untuk tahun depan, Kementerian Kominfo membuka usulan atau saran tema AMH dari berbagai pihak, khususnya jajaran humas pemerintah, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Perguruan Tinggi Negeri.

    “(Tema AMH 2022) itu sebetulnya gagasan salah satu juri. Apakah tahun depan kita penekanannya komunikasi publik atau kehumasan untuk menyambut Pemilu 2024 misalnya, itu bisa juga nanti coba kita bikin mekanisme penjaringan pendapat apa tema AMH tahun depan,” kata Usman.

    Menurut Dirjen IKP Usman, penyelenggaraan malam AMH 2022 dilakukan secara luring dan daring yang dihadiri sekitar 500 insan humas pemerintah. Selain penghargaan kepada insan humas pemerintah, katanya, AMH 2022 juga memberikan apresiasi kepada penyuluh informasi publik berkinerja baik.

    “Khususnya (penyuluh) di wilayah terpencil, tertinggal dan terdepan (3T) dan daerah yang masih memerlukan penyampaian informasi secara tatap muka,” imbuhnya.

    Dirjen Usman Kansong memastikan para juri AMH bertindak obyektif dalam melakukan penilaian kepada seluruh humas pemerintah dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan instansi manapun. Untuk memastikan obyektivitas juri AMH, Kementerian Kominfo tidak mempublikasikan identitas para juri yang terdiri atas para pimpinan media massa dan profesional di bidangnya.

    “Tim juri Anugerah Media Humas 2022 itu memang sengaja kita tidak publikasikan, kita sembunyikan dulu baru malamannya kita tampilkan. Jadi kalau ada hal-hal yang tidak berkenan inilah saatnya mengajukan kepada mereka, tetapi seperti biasa keputusan juri tidak bisa diganggu gugat,” tandasnya.

    Penghargaan AMH 2022 diberikan kepada enam kategori, yakni media sosial, siaran pers, website, kampanye komunikasi publik, majalah internal, dan media audio visual. Selain itu juga ada dua penghargaan khusus yakni juara umum dan penghargaan untuk Penyuluh Informasi Publik (PIP).

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Hadiri Rakor P2DD, Menkominfo Beri Dukungan Penuh

    Kementerian Kominfo mendukung upaya menyukseskan P2DD untuk menopang digitalisasi transaksi keuangan daerah secara optimal. Selengkapnya

    [Berita Foto] Momen Menkominfo Sambut Kedatangan Presiden Komisi Eropa

    Menteri Johnny menyambut kedatangan Presiden Komisi Eropa Charles Michel di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada hari Senin Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Sambut Kedatangan Presiden ADB

    Presiden ADB Masatsugu Asakawa tiba di Bali sekitar pukul 23.45 WITA. Rombongan diterima secara kenegaraan oleh Menkominfo Johnny G. Plate. Selengkapnya

    PDN Pertama Mulai Dibangun, Kominfo Targetkan Efisiensi Layanan Publik

    PDN merupakan langkah strategis pemerintah dalam mendorong efisiensi, efektivitas, kedaulatan data negara, dan konsolidasi data nasional dal Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA