FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 11-2022

    122

    Ajang G20 Dorong Percepatan Transformasi Digital di Indonesia

    Kategori Artikel | doni003

    Presidensi G20 Indonesia berpotensi memperkuat kerja sama antara pemangku kepentingan dari berbagai negara. Sehingga, dapat mempercepat transformasi digital di tanah air semakin masif pada tahun-tahun mendatang. 

    "Dapat memperkuat hubungan, jadi semakin mudah dalam mengembangkan sektor transformasi digital," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Hary Budiarto, ketika memberikan keterangan pers pada Kamis (17/11/2022). 

    Ada tiga isu yang dapat mendorong transformasi digital dalam negeri menjadi semakin masif yakni konektivitas digital dan pemulihan pascapandemi Covid-19. Kedua, literasi digital dan kecakapan digital. Ketiga, aliran data gratis dengan kepercayaan (Data free flow with trust) dan aliran data lintas batas (cross border data flow).

    Menurut Hary, pertemuan G20 yang digelar telah membuka sejumlah komitmen kerja sama yang berkaitan dengan tiga isu tersebut. Sehingga, pada beberapa waktu mendatang banyak peluang yang dapat dimaksimalkan dalam mendukung transformasi digital pada berbagai sektor ke depan. 

    Dengan kerja sama, niscaya ego masing-masing dari pemangku kepentingan dapat terkikis. Sehingga mulai meningkatkan kesadaran mereka akan betapa pentingnya menjalin kerja sama di masa depan.

    "Kita harus mengesampingkan ego dalam membangun kerja sama ke depan," kata Hary. 

    Ruang-ruang diskusi antar pemangku kepentingan dalam sektor digital pun harus seringkali diadakan. Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan mampu berdampak positif terhadap ekosistem digital. 

    Kemudian, tema yang dibahas pun harus lebih spesifik yang berkaitan dengan transformasi digital dalam konteks kekinian. Dengan begitu, akan menjawab setiap persoalan yang berkaitan dengan transformasi digital di tanah air. 

    Terlebih penting, melalui diskusi spesifik akan memunculkan ide dan solusi yang dalam membuat percepatan transformasi digital. Melalui inovasi yang dihasilkan ketika diskusi telah selesai dilakukan oleh para pemangku kepentingan tersebut. 

    "Kita bersama-sama pemangku kepentingan untuk membahas masa depan. Untuk transformasi teknologi dan pembangunan berkelanjutan," pungkas Hary. 

    Sumber: indonesia.go.id

    Berita Terkait

    Agar Keinginan Nonton Siaran TV Digital tak Tersandung Harga STB

    Pemerintah bentuk satuan tugas kecil untuk mengendalikan harga set top box (STB) agar tetap stabil dan terjangkau. Selengkapnya

    Merasakan Lorong Transformasi Digital DTE

    Digital Transformation Expo merupakan ajang untuk menampilkan keragaman berbagai kemajuan inovasi dan pemanfaatan teknologi digital Indonesi Selengkapnya

    Ekonomi Digital Indonesia Tetap ‘Ngacir’

    E-commerce Indonesia memberikan kontribusi senilai USD59 miliar pada tahun ini dan membesar menjadi USD95 miliar pada 2025. Selengkapnya

    Menyongsong Era TV Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat kelas menengah yang belum memiliki perangkat televisi digital, yang menggunakan tekn Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA