FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 11-2022

    262

    Uniknya Produk UMKM Jadi Incaran Jurnalis Peliput KTT G20

    Kategori Artikel GPR | andr045

    Padatnya agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung selama 15-16 November membuat jurnalis hanya berkutat di Media Center KTT G20 yang berlokasi di Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali.  

    Supaya para jurnalis itu tidak bosan, panitia media center tidak hanya menyediakan fasilitas kerja namun juga mengundang berbagai UMKM agar para jurnalis bisa cuci mata dengan berbagai produk UMKM yang menarik.  

    Gerai-gerai UMKM ini terdapat di lobi Media Lounge Ruang Nusantara lantai 2, BICC. 

    Berbagai gerai menawarkan produk-produk mulai perawatan tubuh dan kecantikan seperti spa, perhiasan, provider telpon genggam, mebel dan perlengkapan rumah tangga.

    Salah satu produk yang banyak didatangi  jurnalis maupun para delegasi adalah perlengkapan rumah tangga dan asesoris yang terbuat dari kayu "Balisywood".  

    “Saya bersyukur mendapat kesempatan berpartisipasi di pameran G20,’’ kata Wikrama Putra salah satu pemilik Balisywood. 

    Menurut Wikrama sejak hari pertama pengunjung membeli beberapa alat-alat makan dan hiasan dinding. Beberapa pengunjung dari Belgia, Jepang, dan Perancis bahkan menyatakan ingin berkunjung ke pabrik pembuatannya. 

    Memilih barang dari bahan dasar biomassa tropis kaya silicon dari sekam padi dan jerami,  produk Balisynwood lahir bermula dari rasa prihatin tentang polusi bagi bumi akibat asap dari kebakaran hutan yang dilakukan oleh masyarakat. 

    Teknologi kayu sintetik ini menghasilkan aneka kerajinan kayu tradisional Bali seperti pintu berukir, ragam hiasan ukiran dan aneka kerajinan pop-arts seperti pahatan berbentuk binatang sebagai pajangan rumah. 

    Kisaran harga untuk produk kayu alami ini mulai Rp15 ribu keatas untuk alat rumah tangga dan Rp6 juta untuk mebel lengkap. 

    Produk UMKM yang tidak kalah diminati terutama oleh pengunjung perempuan adalah serum wajah yang berasal dari rumput laut.  Sejak hari pertama KTT G20, produk ini sudah diserbu jurnalis dan tamu delegasi. Menurut penjaga gerai, serum rumput laut yang dibrandol dengan harga 180 ribu rupiah mempunyai manfaat agar kulit wajah terlihat alami. 

    Produk ini dibuat oleh dua orang sahabat, Putu Ayu Cempaka dan Made Dwi Kemala Sari,“Kami bersahabat dari sekolah dasar kebetulan memiliki hobi berdandan akhirnya kami sepakat membuat produk-produk alam yang berbeda dengan formula unik. Lahirlah serum dan produk perawatan tubuh dari Winka Beauty,” jelas Cempaka. 

    Dari hobi menjadi bisnis membuat kedua perempuan Bali ini percaya diri sehingga berani mendaftar untuk ikut kurasi sebagai syarat diterima produknya di KTT G20. Mereka berdua sangat bangga selain lolos kurasi juga bisa berpartisipasi dalam KTT G 20.

    Salah satu gerai UMKM yang juga selalu ramai adalah asesoris dari perak yang berasal dari  Singapadu, Gianyar, anting, kalung dan gelang dengan desain elegan menjadi pilihan paling banyak yang dibeli oleh jurnalis terutama dari media asing. 

    Ciri khas ukiran Bali dalam desain asesoris bisa menjadi kenang-kenangan mereka kembali ke tanah air masing-masing. Dipojok galeri UMKM ada dua tempat andalan Spa bila badan terasa lelah yaitu Piramida Spa dan The Calma Spa yang menyediakan terapis pijat.

    Antrian selalu panjang karena pengunjung mendapat kesempatan dipijat selama 10 menit mulai dari punggung sampai kaki. Kedua Spa ini juga menyediakan produk seperti minyak dan aroma terapi dengan berbagai jenis aroma seperti Lavender, Jasmin dan Green Tea.

    Selamat kembali ketempat masing-masing para jurnalis dan terimakasih telah memberikan informasi mengenai kegiatan KTT G20 jangan lupa menceritakan keindahan Bali, Indonesia. Salam sehat dari masyarakat Indonesia.

    Berita Terkait

    Pesona Tenun Warisan Kesultanan Tidore di KTT G20

    Selengkapnya

    Jalan Pintas Memopulerkan Produk Indonesia ke Dunia Lewat KTT G20

    Selengkapnya

    Protokol Kesehatan Ketat di Media Center KTT G20

    Selengkapnya

    Presiden Jokowi Jamu Makan Siang Pemimpin G20

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA